Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU-IPPNU Kalinyamatan Gelar Pesantren Kilat untuk Pelajar SMPN 1

IPNU-IPPNU Kalinyamatan Gelar Pesantren Kilat untuk Pelajar SMPN 1
Jepara, NU Online
Pimpinan anak cabang IPNU-IPPNU kecamatan Kalinyamatan, Senin-Rabu (30/8-1/9) mengadakan Pesantren Kilat di SMPN 1 Kalinyamatan. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dikhususkan untuk siswa-siswi SMP setempat. Materi yang disampaikan kepada peserta diantaranya Ilmu Tajwid, Fiqh, Aqidah Akhlak, Keorganisasian dan Motivation Training.

Ketua IPPNU, Zulfiyana Amaliyah, SE, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan dasar ilmu agama dan organisasi kepada pelajar. Selain itu, katanya untuk menambah kualitas pahala selama berpuasa.<>

Zulfiyana menambahkan kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan IPNU-IPPNU Ancab Kalinyamatan. “Pesantren kilat merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap Ramadhan,” katanya kepada NU Online saat ditemui di kediamannya.

Untuk pemateri kegiatan, lanjutnya berasal dari anggota anak cabang maupun ranting yang memiliki kompetensi sesuai bidang masing-masing. Sehingga, melalui agenda tersebut mereka bisa berlatih sebelum nantinya terjun ke masyarakat secara langsung.

Sementara itu, Fahmi Majid, ketua IPNU mengungkapkan pemilihan lokasi di SMPN 1 Kalinyamatan dikarenakan sebagian besar lembaga pendidikan di kecamatan Kalinyamatan berbasis Islam semisal SD Islam, SMP Islam, MTs dan MA.

Menurutnya, lokasi tersebut sesuai dengan tujuan awal kegiatan. Apalagi, pelajaran agama di sekolah umum jelasnya hanya diterima satu jam pelajaran tatap muka dalam seminggu. Ia berharap melalui kegiatan tersebut para siswa semakin mantap dasar ilmu keagamaannya. Begitu pula dengan ilmu tentang keorganisasiannya. (qim)
BNI Mobile