IMG-LOGO
Warta

Iqbal Sulam: Ukhuwah Islamiyah Bantu Hubungan Jakarta-Kuala Lumpur


Selasa 12 Oktober 2010 16:00 WIB
Bagikan:
Iqbal Sulam: Ukhuwah Islamiyah Bantu Hubungan Jakarta-Kuala Lumpur
Jakarta, NU Online
Ukhuwah islamiyah akan turut membantu problem hubungan bilateral antara Indonesia dengan Malaysia, dengan syarat bahwa dakwah Islam harus tampil dengan sebagaimana mestinya, ramah, toleran, dan moderat. Penduduk kedua negara yang mayoritas memeluk agama Islam adalah modal untuk meredam adanya konflik dan perbedaan.

Hal tersebut dikatakan Sekjend PBNU, Iqbal Sulam usai mengikuti acara silaturahim dengan Anwar Ibrahim di kantor PP Muhamadiyah, jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat Selasa (12/10).<>

"Nilai-nilai keislaman yang mengedepankan rasa hormat akan membantu hubungan Jakarta-Kuala Lumpur lebih baik. Mestinya nilai-nilai agama mempertemukan kita, karena kan kita sama-sama berpenduduk Islam terbesar," kata Iqbal.

Hal senada dikatakan mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Datuk Sri Anwar Ibrahim. Anwar mengatakan, Indonesia dan Malaysia merupakan salah satu kekuatan Islam di dunia. Konflik antara dua negara dipandangnya tidak konstruktif bagi perkembangan Islam.

"Karenanya badan Islam di kedua negara harus sering menjalin rangkaian demi hubungan kedua negara," ujar Anwar yang sering berkunjung ke Jakarta. Anwar memang tokoh Malaysia yang kerap melawat ke Indonesia, bahkan pernah ziarah ke makam KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur di Tebuireng, Jombong, tidak lama setelah Gus Dur wafat.

Menurutnya, akan sangat sulit meredam konflik kedua negara jika hanya mengandalkan jalur bilateral. Dia menuding pemerintah Malaysia tidak serius dalam meredakan konflik dengan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, menyatakan penyelesaian konflik antara Indonesia dan Malaysia dapat menggunakan pendekatan ukhuwah Islamiyah. (rep/hmz)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG