Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Cilacap Gelar Gerakan "Seribu Qulhu"

NU Cilacap Gelar Gerakan "Seribu Qulhu"
Cilacap, NU Online
Ribuan jamaah yang terdiri dari tamu undangan, alumni haji, keluarga haji yang sedang menunaikan dan warga nahdliyin memadati komplek Pondok Pesantren Darul Muttaqin Lomanis – Cilacap saat mengikuti doa bersama dalam bentuk Gerbuhu (Gerakan Seribu Qulhu).

Demikian disampaikan R. Bastuti Ridwan, Ketua MWCNU Cilacap Selatan dalam surat elektronik yang dikirimkan kepada NU Online, Kamis (25/11). "Qulhu" dimaksudkan sebagai salah satu surat dalam Al-Qur'an yakni surat Al-Ihlash yang mempunyai keistimewaan dan manfaat tersendiri.<<>;br />
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh KBIH NU Cilacap bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri Cabang Cilacap dan Yes Radio Cilacap dengan mengambil tema ”Do’a Bersama untuk Keselamatan dan Kemaslahatan Bangsa,” beberapa waktu lalu.

Hadir pada kesempatan tersebut Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf. Iwan Ma’ruf Zaenudin, SE, Camat Cilacap Tengah Djarot Prasojo, S.Sos, MSI, yang mewakili Wakil Bupati Cilacap, perwakilan Bank Syariah Mandiri Cabang Cilacap Choirul Wadjid, SE dan beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Selain di tempat tersebut, kegiatan yang sama secara serentak juga diselenggarakan di 7 (tujuh) distrik di wilayah Kabupaten Cilacap. Drs. KH. Imam Mudaris selaku Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap menegaskan, kegiatan tersebut dalam rangka menghormati dan mendo’akan jamaah haji khususnya yang tergabung dalam KBIH NU Cilacap yang terdiri dari 620 orang serta secara umum seluruh jamaah haji yang sedang menunaikan ibadah di tanah suci, yang kemudian akan memberikan pengaruh positif bagi kehidupan kita dengan adanya imbal balik do’a dari para jamaah haji,” jelas pengasuh Pondok Pesantren Darul Muttaqin.

Juga kegiatan tersebut sebagai sarana berdo’a terhadap kondisi bangsa yang sedang dilanda berbagai bencana, sebagai bentuk implementasi nyata dengan diadakannya penggalangan dana atau bantuan bencana merapi yang pada saat itu terkumpul uang sebanyak Rp. 4.428.000,- dan berbagai sumbangan yang berupa barang (untuk distrik Cilacap) yang nantinya akan dikumpulkan dari berbagai distrik yang menyelenggarakan kegiatan serupa.

Puncak kegiatan tersebut yaitu do’a bersama yang dipimpim oleh Ketua KBIH NU Cilacap KH. Syahid Muchson, langsung disampaikan dari tanah Arafah (Arab Saudi) melalui jaringan teknologi informasi yang difasilitasi oleh Yes Radio Cilacap, dimana do’a tersebut dapat di-amini jamaah yang hadir secara langsung dan serentak oleh 7 (tujuh) distrik KBIH yang menyelenggarakan kegiatan yang sama.

Kegiatan ini diakhiri dengan buka bersama yang dilanjutkan shalat maghrib berjamaah. Antusias dan harapan dari jamaah yang disampaikan kepada penulis mengharapkan sekali agar kegiatan tersebut berlangsung secara berkala dalam setiap tahunnya karena akan memberikan manfaat yang sangat besar baik secara pribadi maupun dalam lingkup organisasi. (nam)
Posisi Bawah | Youtube NU Online