SLAMET EFFENDY YUSUF:

NU Harus Memodernisasi Cara Berorganisasinya

NU Harus Memodernisasi Cara Berorganisasinya
Surabaya, NU Online
NU akan berkembang baik jika mampu memodernisasikan cara berorganisasinya. Sebab hanya dengan cara itu, semua perangkat organisasi baik lembaga, lajnah maupun badan otonom (Banom) NU dapat membangun sinergi untuk menyukseskan program dan tujuan NU secara keseluruhan.

Demikian disampaikan Ketua PBNU H. Slamet Effendy Yusuf ketika memberikan pengarahan pada acara sosialisasi AD/ART NU yang diselenggarakan oleh PWNU Jawa Timur pada Sabtu (11/12) di Surabaya, yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Cabang (PCNU) se-Jatim.<>

Menurut Slamet, seluruh program NU harus ditujukan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi warga NU maupun masyarakat bangsa secara luas.”Bahwa warga NU saat ini memiliki problem kualitas sumber daya manusia (SDM), ketertinggalan ekonomi maupun akses dan sharing-pembagian pengelolaan negara,”ujar mantan Ketua Umum PP GP Ansor ini.
 
Karena itu lanjut Slamet, program NU itu harus diletakkan pada kerangka tersebut. “Sebab, meski pun NU memiliki masa lalu yang cemerlang, tapi masa depannya akan suram, jka programnya tidak berorientasi ke masa depan,”katanya.  Jadi, NU harus berani melakukan perubahan-perubahan dalam memandang prioritas programnya dalam semua aspek. Seperti pendidikan, metode dakwah, kegiatan sosial dll harus disesuaikan pada tuntutan kini dan mendatang.

Oleh sebab itu Slamet berharap, sebagai jam'iyyah pengorganisasiannya harus dimodernisasi. Yaitu, setidak-tidaknya di kantor pengurus wilayah (PWNU) ada apa yang disebut sebagai 'Operation Room' yang berfungsi untuk pengendalian organisasi yang mensinergikan program NU dan seluruh lembaga, lajnah dan badan otonomnya. Dengan begitu maka NU bisa mengefektifkan arah dan langkah NU ke depan.(amf)
BNI Mobile