REFLEKSI AKHIR TAHUN PBNU

Gus Dur dan Amien Rais Saling Merindukan

Gus Dur  dan Amien Rais Saling Merindukan
Jakarta, NU Online
Budayawan Jaya Suprana memiliki kenangan dan penialaian khusus terhadap mantan Ketua Umum PBNU tiga periode KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Khususnya tentang hubungan Gus Dur dengan mantan Ketua MPR RI M Amien Rais, yang diibaratkannya seperti tokoh kartun Tom & Jerry, yang tidak pernah akur dan Gus Dur. Meski begitu keduanya saling merindukan.

"Kedua tokoh itu, persis seperti Tom & Jerry,"tutur Jaya Suprana dalam acara refleksi akhir tahun PBNU di Kantor PBNU Jl Kramat Raya, Jakarta, Rabu (29/12). Dia memang dekat dan sering bertemu dengan Gus Dur semasa hidupnya, sehingga banyak kenangan yang bisa diceritakan dengan mantan Presiden RI ke-4 itu.
<>
Seperti biasanya, Jaya Suprana sambil tertawa dalam mengenang alm. Gus Dur. Pada suatu sore, Gus Dur pernah mengobrol dengan dirinya soal Amien Rais. "Dia bilang, Jaya, kok rasanya sudah lama ya kita tidak ribut sama Amien. Ayolah, kita cari masalah," ujar Jaya menirukan Gus Dur.

Jaya lalu menjawab. "Loh, jangan Gus. Masa mau cari masalah? Nah jawaban Gus Dur. Kalau nggak berantem nggak ramai," ujar Jaya sambil tertawa. Ia menilai setelah lengser pun hubungan Amien dan Gus Dur tidak pernah akur. Tapi uniknya, jika tidak bertemu, keduanya saling merindukan.

Yaitu, kadang mereka tampil bersama. Tapi itu biar sandiwara saja. Memang tidak pernah akur. Tapi saling mencari. “Ibaratnya sparing partner, kalau nggak berantem nggak seru," terang Jaya Suprana lagi.(amf)
BNI Mobile