Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Katib PBNU Sampaikan Taushiyah di Haul Kiai Nawawi Abbas

Katib PBNU Sampaikan Taushiyah di Haul Kiai Nawawi Abbas
Subang, NU Online
Katib Syuriyah PBNU KH Mustofa Aqiel sampaikan ceramah di acara Haul ke-1 KH Nawawi Abbas dan Khotmil Qur’an di lingkungan Pondok Pesantren Al-Hidayah, Desa Kihiyang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Senin (10/1) malam lalu.

Mustofa Aqiel berpesan, agar para santri dan masyarakat dapat belajar dari kemukhlisan Kiai Nawawi dalam berjuang menegakkan agama dan mendidik masyarakat. Melaui acara haul ini para santri diharapkan dapat mengenang dan mewujudkan cita-cita Kiai Nawawi.<>

“Ayah beliau Kiai Abbas Kempek, adalah Uwa saya, pejuang yang luar biasa gigih dalam masa penjajahan. Jadi Kiai Nawawi kakak misan saya, orangnya istiqomah dan hemat bicara. Saya juga kenal akrab dengan saudara-saudaranya. Seperti Kiai Bakar, Kiai Usamah dan Kiai Fadlu,” paparnya.

Sementara itu ribuan pengunjung yang ikut menghadiri acara haul Kiai Nawawi ini bukan saja alumni Pondok Pesantren Al-Hidayah tetapi masyarakat desa Kihiyang dan sekitarnya.

Sebelum acara Majelis Haul, diadakan Khotmil Qur’an Juz’Amma bil ghaib, dipimpin oleh Fuad Nawawi, S.Th.I. yang diikuti oleh 35 santri.

Hadir dalam acara haul ini antara lain, Wakil Bupati Subang Bapak Ojang Sohandi, KH Saefullah Hidayat pengasuh pesantren. Darussalam Cipunagara Subang, KH. Oyok Hasbullah Pengasuh Pesantren Pusakanegara, H. Khairul Anam Pengusaha.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hidayah Ali Imran, S.Ag. menuturkan bahwa Acara ini merupakan haul pertama Kiai Nawawi Abbas. Adapun rangkaian acara haul ini sebelumnya ada sema’an Al-Qur’an 30 juz dari minggu pagi dan ziarah kubur senin ba’da dhuhur.

Ali Imran berharap, kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini menjadi agenda tahunan pesantren sehingga menjadi wadah untuk mempererat lembaga, alumni, pelajar dan masyarakat. (muh)
BNI Mobile