IMG-LOGO
Warta

PCNU Kota Kediri Gelar Rapat Terbuka Sikapi Isu SARA


Jumat 18 Februari 2011 09:26 WIB
Bagikan:
PCNU Kota Kediri Gelar Rapat Terbuka Sikapi Isu SARA
Kediri, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri menggelar rapat terbuka guna menyikapi maraknya aksi kekerasan bermotif SARA (suku, agama, ras, antar golongan). Dalam rapat tersebut, hadir antara lain Rais Syuriah PCNU Kota Kediri KH Ahmad Mahin Toha, Ketua Tanfidziyah Drs Subakir dan sejumlah tokoh agama di Kota Kediri.

Rapat tersebut menghasilkan 5 himbauan PCNU Kota kediri yang dirilis dalam jumpa pers di Kantor PCNU Kota Kediri, Kamis, (17/2) sore. Himbauan tersebut ditujukan pada warga Nahdiliyin Kota kediri, pemerintah, petugas keamanan, pengelola tempat hiburan, dan para tokoh agama.<>

Pertama, bagi warga Nahdliyin Kota Kediri, diharapkan agar lebih berhati-hati dan jangan mudah terprovokasi dalam menyikapi isu-isu yang berhubungan dengan keamanan dan konflik yang mengatasnamakan SARA. Jika mau bersikap, warga Nahdliyin harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan PCNU Kota Kediri, sehingga tidak mudah ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Kedua, Pemerintah Kota Kediri diharapkan lebih peduli dengan permasalahan yang berhubungan dengan kemaksiatan. Pemerintah harus bertindak tegas terhadap hal-hal yang mengandung kemaksiatan terutama yang melanggar PERDA. Sebab, tempat-tempat hiburan malam di Kota Kediri terus berkembang dan semakin memrihatinkan.

Ketiga, petugas keamanan Kota Kediri diharapkan meningkatkan kinerjanya guna menghindari terjadinya aksi anarkis bermotif SARA. Melakukan koordinasi dengan pemerintah dan para tokoh agama demi menjaga kondusifitas Kota Kediri.

Keempat, pengelola tempat hiburan Kota Kediri harus patuh terhadap tananan hukum dan peraturan di Kota Kediri. Pengelola tempat hiburan diharapkan juga mau bekerjasama dengan pemerintah, para tokoh agama serta masyarakat guna menangkal kemaksiatan di Kota Kediri.

Kelima, para tokoh agama diharapkan bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah guna menjaga kondusifitas Kota Kediri.

Himbauan PCNU Kota Kediri dilakukan guna meredam isu maraknya aski anarkis bermotif SARA yang kian memanas. (mka)
Bagikan:
IMG
IMG