Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Dunia Internasional Bisa Intervensi Libya

Dunia Internasional Bisa Intervensi Libya
Jakarta, NU Online
Jika krisis yang terjadi di Libya terus memburuk, dunia internasional bisa melakukan intervensi dengan alasan kemanusiaan agar tidak terjadi korban yang lebih besar.

“Untuk alasan kemanusiaa, dunia internasional yang diwakili oleh PBB bisa melakukan intervensi,” kata KH Hasyim Muzadi, sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) di Jakarta, Sabtu.<>

Beberapa bentuk intervensi yang dilakukan meliputi pengiriman pasukan, penyusupan, pembekuan aset, isolasi hubungan internasional, dan lainnya. “Jika ini dilakukan, berat konsekuensinya,” terangnya.

Menurut mantan ketua umum PBNU ini, Khadafi menghadapi demonstran terlalu keras. Pada satu tahap, ia bisa menang, tetapi akan banyak negara asing atau dunia internasional yang akan bersimpati kepada rakyat yang bersatu, sehingga menyebabkan jatuhnya kekuasaan yang sudah dipegang selama 41 tahun ini.

“Sebaiknya Khadafi jangan terlalu kasar, dinego dengan rakyatnya, kompromi apa yang bisa dilakukan sehingga bisa diperoleh win-win solution,” tambahnya.
Untuk pemerintah Indonesia, Hasyim meminta agar terlibat dalam diplomasi internasional dan tanggung jawab yang paling besar adalah menyelamatkan WNI yang kini terjebak di Libya. (mkf)
Posisi Bawah | Youtube NU Online