Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Try Out SNMPTN Ansor Jombang Diminati Siswa

Try Out SNMPTN Ansor Jombang Diminati Siswa
Jombang, NU Online
Meski belum dinyatakan lulus Ujian Nasional, minat pelajar SMA/K dan Madrasah Aliah untuk bisa lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tinggi. Hal itu terlihat tidak kurang 95 peserta mengikuti Try Out Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang digelar PC GP Ansor Jombang, Rabu (27/4) kemarin.

Kegiatan latih uji soal-soal masuk Perguruan Tinggi Negeri digelar di aula Stikes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang langsung dipantau Pimpinan Pusat GP Ansor, Adung Abdurrahman. />
”Disamping sebagai latihan soal-soal, Try out ini juga sebagai seleksi untuk bisa mengikuti bimbingan belajar yang dikemas dalam kegiatan pesantren kilat,” ujarnya di sela-sela mengawasi pelaksanaan kegiatan.

Dari pelaksanaan try out ini nantinya, lanjut wakil sekretaris PP GP Ansor ini, nantinya kan diambil 10 peserta terbaik. Mereka akan dimasukkan dalam pesantren kilat selama satu bulan penuh dengan kegiatan bimbingan soal-soal SNMPTN. ”Setiap kabupaten diambil 10 peserta terbaik. Dan dibimbing untuk lolos masuk PTN,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua panitia Zulfikar D Ikhwanto mengatakan, soal-soal yang diujikan terdiri dari soal pengetahuan umum, kemampuan dasar dan kemampuan jurusan ada sebanyak 180 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam. ”Bobot soal dan komposisinya tidak jauh berbeda dengan soal SNMPTN, termasuk juga dalam pemeriksaan dan penilaanya juga menggunakan LJK,”terangnya.

Zulfikar yang juga bendaha PC GP Ansor Jombang ini menambahkan,Try Out digelar dua kali,  Pasalnya minat pelajar Jombang untuk ikut bisa masuk PTN cukup tingga. "Ternyata masih ada peserta yang mendaftar. Kita  buka gelombang dua try out ini,"tandasnya seraya emngatakan pesertanya banyak berasal SMN2 Jombang, MA beberapa pondok pesantren dan SMK.

Sedangkan untuk pengumuman 10 peserta terbaik akan dilakukan  pada akhir bulan ini, kemudian para peserta terbaik ini akan bergabung dengan 60 peserta lain dari beberapa kabupaten untuk mengikuti pesantren kilat bimbingan belajar masuk SNMPTN.

Pesantren kilat rencananya dimulai 1 Mei 2011 bertempat di Pondok Pesantren Bahrul Ulum tambakberas Jombang, adapun peserta
adalah mereka yang telah lulus Try out berasal dari Kabupaten Jombang, Nganjuk, kabupaten Madiun, kota Madiun dan Magetan Ngawi. "Insyaallah Ketua Umum, Nusron Wahid akan hadir, membuka kegiatan," pungkas Zulfikar. (ram)
BNI Mobile