693 CJH Probolinggo di Gembleng di Miniatur Ka’bah

Probolinggo, NU Online
Guna memberikan bekal pengetahuan dan wawasan terkait dengan manasik haji bagi Calon Jama'ah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar dan mandiri serta sempurna dan sesampai nantinya pulang menjadi haji yang mabrur. Selasa 12/07 siang Pemkab Probolinggo menggelar bimbingan manasik haji.

Menariknya, bimbingan manasik haji bagi calon jama'ah haji Kabupaten Probolinggo yang dihelat di wisata religius Miniatur Ka'bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending, itu dibuka secara langsung oleh Bupati Probolinggo, Drs H Hasan Aminuddin, MSi.
<>
Selain dihadiri Bupati Hasan Aminuddin, tampak hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, H Ahmad Badawi, SAg, MPd, Asisten Tata Praja, Drs Supanut, MM, Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo, KH Saiful Hadi, Ketua PCNU Kraksaan, KH Ahmad Suja'i, Sekretaris MUI, KH Mahfudz Syamsul Hadi, MR serta ratusan Calon Jama’ah Haji setempat.

H Hasan Aminuddin mengatakan kalau bimbingan manasik haji bagi calon jama'ah haji sangatlah penting. Pasalnya, banyak hal yang harus diketahui oleh para calon jama'ah haji, antara yang wajib di lakukan dan yang sunnah.

Oleh karena itu, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Probolinggo ini berharap kepada calon jama'ah haji Kabupaten Probolinggo untuk mengikuti jalannya bimbingan manasik haji baik yang di langsungkan di tingkat kecamatan maupun di lingkup kabupaten dengan seksama dan penuh khusuk.  “Tanyakan apabila ada hal-hal yang kurang di mengerti terkait dengan manasik haji,” ujar Hasan.

Lebih lanjut Bupati mengajak agar para calon tamu Allah SWT untuk men tola'ah kembali pelajaran bab haji yang pernah di terimanya. “Jangan sampai ada beban lahir dan batin bagi para calon tamu Allah SWT. Laksanakanlah ibadah haji dengan penuh rasa senang hati,” ucap Hasan Aminuddin.

Dalam kesempatan itu, juga di sampaikan bahwa guna menjaga kesehatan para jama'ah haji Kabupaten Probolinggo selama menjalankan ibadah haji di tanah suci tahun ini CJH Kabupaten Probolinggo akan di dampingi sebanyak 2 petugas kesehatan. Hal itu untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan para jama'ah haji. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, pelayanan kesehatan terbilang kurang optimal. Karena hanya di dampingi satu tenaga kesehatan.

“Tahun ini, akan di dampingi oleh satu dokter dan satu perawat dengan bekalo obat-obatan lengkap, untuk melayani kesehatan para jama'ah haji,” ujarnya.

Begitu juga kepada para calon jama'ah haji, Bupati menghimbau untuk selalu mengutamakan menjaga kesehatan, baik selama masih belum berangkat hingga di tanah suci. Pasalnya, ibadah haji merupakan ibadah fisik. Dan apabila terasa kurang enak badan hendaknya segera ke petugas kesehatan yang sudah mendampingi.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Probolinggo, Drs. H. Moh Sirajuddin, M.Pd agar para jamaah natinya dapat mengikuti bimbingan manasik haji dengan seksama dan tekun. Sehingga nantinya calon jama'ah haji Kabupaten Probolinggo bisa menjadi haji yang mandiri dan tidak terikat kepada orang dan kelompok tertentu dalam pelaksanaan ibadah haji. Sehingga kelak setelah pulang dari tanah suci bisa menjadi haji yang mabrur. “Ikutilah bimbingan manasik haji dengan tekun dan seksama,” ajak  Sirojuddin.

Lebih lanjut Sirojuddin menjelaskan bahwa sesuai dengan estimasi sementara tahun ini Kabupaten Probolinggo berencana akan memberangkatkan kurang lebih sebanyak 693 CJH.

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Andi Sirajuddin

BNI Mobile