IMG-LOGO
Daerah

Bentuk Akhlakul Karimah Dengan Pesantren Kilat


Rabu 24 Agustus 2011 14:37 WIB
Bagikan:
Bentuk Akhlakul Karimah Dengan Pesantren Kilat

Brebes, NU Online
Ratusan siswa-siswi SMA Negeri 3 Brebes terlihat khusyuk mengikuti tadarus Al-Quran yang digelar di masjid sekolah. Dibimbing seorang Ustadz mereka diajak untuk mempraktikkan membaca kitab suci umat Islam tersebut. Tadarus Al-Quran itu merupakan salah satu kegiatan dalam pesantren kilat SMAN 3 Brebes, Sabtu (6/8) malam.

Ketua panitia Drs H Endi Eross menjelaskan, selain tadarus pesantren kilat juga diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan. Diawali dengan shalat Ashar berjamaah, kemudian mengikuti pengajian kultum, lomba Kaligrafi hingga tiba saat berbuka puasa bersama.
<>
Sesuai shalat Maghrib hingga Tarawih berjamaah, siswa kemudian mengikuti tadarus Al-Quran dan lomba baca puisi religius dan lomba Dakwah. "Kegiatan ini menitik beratkan pada aspek praktik siswa dalam beribadah serta bersikap seperti berakhlak mulia seperti teori yang didapat di kelas. Siswa sendiri menginap satu malam," tuturnya.

Waka Kesiswaan yang juga penanggungjawab kegiatan, Sadimin SPd MMeng menambahkan, pesantren kilat ini merupakan kegatan tahunan yang wajib diikuti seluruh siswa yang beragama Islam.

Bagi siswa yang tidak ikut hadir pada kegiatan pesantren kilat ini diberik sanksi atau absent tidak masuk sekolah. "Selain untuk kegiatan menyemarakan ramadhan, pesantren kilat ini juga untuk membentuka akhlakul karimah siswa," terangnya.

Tak hanya diikuti oleh siswa yang beragama Islam, kegiatan tersebut juga melibatkan seluruh tenaga guru. Dilibatkannya seluruh guru itu untuk mendekatkan duru dengan siswa sekaligus membentuk kebiasaan dalam suasana yang religus di hari-hari selanjutnya.

Sadimin menambahkan, kegiatan pesantren kilat itu sendiri tidak dilaksanakan secara sekaligus tapi bertahap. Hal ini karena jumlah siswa yang sangat banyak sehingga demi efektivitas dirancang bergantian.

"Jadi ada 6 kloter, setiap kloter diikuti oleh siswa 4 kelas. Kegiatan ini dilaksanakan setiap akhir pekan hingga enam kali," pungkasnya.

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Wasdiun

Bagikan:
IMG
IMG