Ma’arif Jombang Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Madrasah NU

Ma’arif Jombang Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Madrasah NU

Jombang, NU Online
Untuk meningkatkan kapasitas madrasah, terutama di tingkat Madrasah Ibdtidaiyah (MI), LP Ma’arif NU Cabang Jombang mengadakan Pelatihan Penyusunan KTSP Berbasis Karakter pada Ahad (25/09/2011). Pelatihan ini diadakan di dua tempat, yaitu di MIN Kauman Utara Jombang dan di MI Salafiyah Syafi’iyah Seblak Diwek.
<>
Pembagian menjadi dua tempat ini menurut H. Salmanudin, ketua LP Ma’arif NU Cabang Jombang, karena pelatihan ini diikuti oleh seluruh MI-MI dibawah naungan LP Ma’arif Jombang yang ada sekitar 250 lebih madrasah, masing-masing mengirim kepala madrasah dan bagian kurikulum.

“Tidak memungkinkan jika pelatihan dilakukan menjadi satu tempat karena madrasah yang menjadi peserta sangat banyak. Kita membagi dua agar bisa efektif,” kata pria yang akrab disapa Gus Salman ini.

Dalam pelatihan yang juga dihadiri dan dibuka oleh H Junaidi Hidayat Ketua PCNU Jombang, Taufikurrhman MAg, Kasi Mapenda Kemenag Jombang ini, serta utusan dari Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kemenag Jombang ini difasilitasi oleh dua orang tutor dari Konsorsium Pendidikan Indonesia yang juga staf pengajar di MIN 1 Malang.

Pelatihan ini dilakukan untuk menjawab saran yang pernah disampaikan oleh Mendiknas pada peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2010, dimana akhir-akhir ini kondisi bangsa banyak diliputi persoalan yang melibatkan pelajar sebagai korban, misalnya kasus pornografi, Narkoba serta merebaknya ajaran Islam radikal.

Dalam penyusunan KTSP berbasis karakter ini, guru membuat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seperti yang sudah dilakukan selama ini dalam membuat KTSP, namun diberi tambahan kolom yang berisi muatan pendidikan karakter dalam, sedangkan dalam RPP ada kegiatan inti yang berupa eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Muslimin Abdilla

BNI Mobile