Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Warga NU Trembulrejo Jaga Tradisi Manakib

Warga NU Trembulrejo Jaga Tradisi Manakib

Blora, NU Online
Untuk mempererat tali silaturrahmi sesama warga nahdliyin, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Trembulrejo, Ngawen, Blora, Jawa Tengah, menggelar acara Manakib Syeh Abdul Qodir Jailani. Kegiatan tersebut digelar dirumah salah seorang warga NU, Mikan. Manakib yang digelar kemarin itu, merupakan kegiatan rutin setiap bulannya.<>

Pada kesempatan itu, pembacaan manakib dipimpin langsung Rois Syuriah Nahdlatul’Ulama Ranting Blubuk, Kiai Sufairy. Kegiatan itu dimaksudkan sebagai wahana syiar Islam ala Ahlussunah Wal Jama’ah. Selain itu, kegiatan manakib juga untuk memupuk jalinan silaturahmi antar pengurus serta warga masyarakat.

”Kegiatan rutin ini sudah berlangsung sejak lima tahun lalu. Ada ratusan warga yang secara rutin mengikuti acara tersebut,” ujar salah seorang warga NU di Ranting Trembulrejo, Muhmad Mudioyono.

Kitab Manakib Syekh Abdul Qodir Jaelani itu amat dikenal di kalawang warga NU setempat. Selain menjadi kegiatan rutin, manakib juga dibaca warga pada moment-moment tertentu. Seperti saat hendak punya hajat atau saat hajatnya terkabulkan. 

Ciri khas dari rangkaian kegiatan manakib antara lain makanan yang disuguhkan berupa nasi uduk. Nasi uduk, biasanya dimasak oleh ibu-ibu yang tidak sedang datang bulan. Dan, saat memasaknya juga harus berwudhu terlebih dahulu. Sehingga pemerian nama nasi uduk identik dengan nasi wudhu’.



Redaktur     : Syaifullah Amin
Kontributor : Solihin Hasan

BNI Mobile