Ribuan Warga Datangi Pemotretan Kartanu

, Ribuan Warga Datangi Pemotretan Kartanu
, Ribuan Warga Datangi Pemotretan Kartanu

Tegal, NU Online
Pegurus ranting NU Desa Slaranglor kecamatan Dukuhwaru nampaknnya bisa berbangga hati karena disamping disiplin, tertib pengantrean, tertib adminstrasi juga karena ribuan warga yang mendatangi pemotretan menjadikan tim pembuatan Kartanu Kabupaten Tegal yang dipimpin H Abdul Karim memujinya.

“Ini tak seperti biasanya kami jam enam pagi sudah disuruh stand by di tempat pemotretan, sedangkan petugas masih di kecamatan lain, tetapi kelelahan kami terobati ketika antusias warga Nahdliyin untuk mendatangi tempat pemotretan membludak silih berganti,” kata H Abdul Karim disela-sela pembutan Kartanu yang berlokasi di balai desa Slaranglor. Senin (28/11).
<>
Dia juga menjelaskan pembuatan Kartanu ini targetnya bukan sebanyak-banyaknya, tetapi untuk yang benar-benar warga NU, jadi buat apa banyak yang buat tetapi di dalamnya ada penyusup yang bukan warga NU bikin kartanu. Untuk itu ia meminta kepada pengurus ranting yang tahu persis kondisi warganya siapa saja yang bisa direkomendasikan membuat Kartanu.

“Jadi dalam pembuatan kartanu ini NU jangan sampai kena citra buruk karena salah penggunaan,“ jelasnya.

Kartanu ini sejatinya untuk data base warga NU, tetapi bukan berarti ketika suatu daerah yang membuat Kartanu hanya ratusan kemudian dikira waga NU nya hanya ratusan atau bahkan ada yang pengurus Rantingnya yang tidak membuat kemudian dikira Ranting terebut tidak memiliki warga NU. “Bagi warga NU yang tidak membuat Kartanu kami juga tetap menganggap dan mengakui sebagai warga NU tetapi belum memiliki kesadaran untuk membuat Kartanu,” papanya.
 
“Sekarang bandinganya ketika warga suatu desa yang sudah berkewajiban memilki KTP ada tuju ratus misalnya, benarkah dari tujuh ratus orang tersebut memiliki KTP? saya yakin tidak semua penduduk memiliki KTP, dan apakah yang tidak memiliki KTP bukan bererti waga negara Inonesia?, sama halnya dengan Kartanu,“ tukasnya.
 
Dua hari yang dijadwalkan di kecamatan Dukuhwaru, menurut catatan tim baru 2.600 an yang membuat Kartanu itupun karena pembuat terbanyak di desa Slaranglor yang berjumlah 1.888 orang, ranting-ranting lain bahkan belum sempat didatangi tim karena kurang siapnya pengurus ranting. Untuk itu tim menyediakan waktu untuk susulan dari tanggal 24 – 28 Desember.

Rais Syuriyah PRNU Slaranglor Solihudin mengatakan, pembuatan Kartanu yang disambut antusias oleh masyarakat.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Abdul Muiz

BNI Mobile