Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HAUL GUS DUR

Ansor Gelar Halaqoh Kepemimpinan di Jombang

Ansor Gelar Halaqoh Kepemimpinan di Jombang

Jombang, NU Online
Di penghujung tahun 2011 ini, Pimpinan Pusat GP Ansor bakal menggelar Halaqoh Kiai Muda Ansor putaran keempat. Kegiatan Halaqoh dengan tema Kepemimpinan NKRI dalam Bingkai Aswaja An-Nahdliyah rencananya bakal digelar di PP Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang pada 29 hingga 30 Desember.

Ketua PC Ansor Jombang Solahul Am Notobuwono mengatakan, kegiatan halaqoh dan lokakarya kiai muda Ansor kali ini akan membahas soal kepempinan NKRI. Kegiatan ini juga dalam rangka Haul kedua Gus Dur.

<>"Kita sudah minta izin pada keluarga putri Gus Dur, Alissa. Dan beliaunya sangat respon,” ujarnya seraya mengatakan Ketua Umum Nusron Wahid sudah menghubungi beberapa narasumber yang akan mengisi kegiatan ini.

Beberapa nara sumber akan dihadirkan diantaranya ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfudz MD, Kasad, Jendral Pramono Edi Wibowo dan Alissa Wahid serta KH Mustofa Bisri (Gus Mus).” Juga dihadiri Mbah Maimun Zubair dan rencananya halaqoh akan dibuka Menteri Pendidikan, M. Nuh,” katanya.

Di samping menghadirkan beberapa narasumber dari Jakarta, dalam kegiatan halaqoh yang juga melibatkan RMI. Halaqoh juga akan diikuti Kiai-kiai muda dari ratusan pondok pesantren  yang tergabung dalam Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) yang akan membahas persoalan kepemimpinan bangsa.

“Beberapa masalah terkait kepemimpinan nasional dibahas melalui Bahtsul Masail. Dan beliau-beliau yang tergabung dalam FMPP yang akan menyelesaikan ini,” tandasnya.

Salah satu As’ilah atau persoalan tentang kepemimpinan yang akan dibahas dalam bahtsul masail adalah persoalan hukum mengikuti dan mempertahankan pemimpin yang tidak sesuai dengan syariat  Islam. Yang kedua adalah  bagaimana hukum pemimpin (presiden sampai kepala kesa/lurah ) yang terpilih melalui politik uang serta hukum mengikuti pemimpin yang selama kepemimpinannya tidak bisa menyejahterakan rakyat dan tidak bisa menegakkan keadilan.

”Ini persoalan kepemimpinan yang ada sekarang,” imbuhnya.

Di akhir halaqoh, peserta akan diajak berziarah ke makam pendiri NU, yakni makam KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah dan KH Bisri Syansuri serta makam Gus Dur.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Muslim Abdurrahman

BNI Mobile