IMG-LOGO
Warta

Malam Jumat Pahing, PCNU Blora Gelar Tahlil Selapanan


Jumat 30 Desember 2011 13:12 WIB
Bagikan:
Malam Jumat Pahing, PCNU Blora Gelar Tahlil Selapanan

Blora, NU Online
Untuk meningkatkan jalinan tali silaturrahmi di antara sesama komponen pengurus, PCNU Blora, Jawa Tengah, secara rutin menggelar acara tahlil selapanan. Tahlil selapanan tersebut digelar setiap malam Jumat Pahing. Atau tepatnya 36 hari sekali.
 
Ketua PCNU Blora, H Aunur Rofiq mengatakan, tahlil selapanan tersebut digelar selepas shalat isya’. Sedangkan tempatnya selalu dipusatkan di gedung PCNU, Jalan Alun-alun Blora. Sementara peserta tahlil terdiri dari pengurus cabang, banom dan aktifis NU lainnya.
 <>
”Lewat kegiatan tahlil selapanan itu, kami gunakan sebagai media untuk membangun jalinan tali silaturrahmi sesama pengurus dan aktifis NU,” ujar Rofiq.
 
Menurutnya, selain untuk membangun jalinan tali silaturrahmi, kegiatan tersebut secara khusus juga untuk mendoakan para pejuang yang telah gugur, para ulama yang telah wafat dan segenap kaum muslimin yang telah pergi ke alam barzah.
 
Dengan doa tahlil yang dikirimkan itu, mudah-mudahan mereka mendapat nikmat kubur dan kesalahannya diampuni. Dan, generasi yang masih hidup diberi kekuatan untuk meneruskan perjuangan para pendahulu.
 
Selain tahlil, juga dibacakan bacaan kitab Al-Barzanji. Kitab itu dibaca dalam rangka untuk menambah rasa mahabbah (cinta) kepada Rasulullah. Sebab, kitab Al-Barzanji banyak memuat sifat-sifat mulia Nabi, sejarah kelahirannya dan sejarah perjuangannya. Sehingga bisa dijadikan teladan untuk seluruh umat islam.
 
”Melalui acara tahlil selapanan tersebut, kami secara informal juga melakukan koordinasi dan merapatkan barisan di internal kami,” tambah Rofiq, yang juga salah satu pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Blora.   

 

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Sholihin Hasan

Bagikan:
IMG
IMG