Lakpesdam Lampung Training Peningkatan Kapasitas Sosial Ekonomi Nelayan

Lakpesdam Lampung Training Peningkatan Kapasitas Sosial Ekonomi Nelayan

Sukaraja, NU Online
PC Lakpesdam NU Kabupaten Lampung Selatan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Peduli telah melaksanakan training peningkatan kapasitas sosial ekonomi bagi masyarakat khususnya kelompok nelayan desa sukaraja Kabupaten setempat pada Hari Selasa, 07 Februari 2012. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelompok melihat peluang usaha berdasarkan potensi yang mereka miliki. Sasaran program adalah 2 kelompok nelayan yaitu kelompok Pelangi Bahari beranggota 21 orang dan kelompok Harapan Makmur beranggota 21 orang.  Kelompok tersebut terbentuk merupakan hasil musyawarah pada kegiatan sebelumnya.
<>
Pada kesempatan ini, dihadiri oleh H Shaleh Baijuri, mewakili  PWNU Lampung sekaligus anggota DPR Provinsi Lampung, Perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, Ketua PCNU Kab Lampung Selatan dan Kepala Desa Sukaraja.

Pihak pemerintahan khususnya pemerintahan tingkat desa sangat mensupport terlaksananya program PNPM Peduli didesa tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa dalam sambutannya

“Adanya program PNPM Peduli di desa kita ini merupakan hal yang luar biasa dan patut kita syukuri, karena banyak mayarakat atau desa lain yang menginginkan kegiatan seperti ini masuk ke desa mereka namun nyatanya desa kita-lah yang terpilih. Oleh karena itu saya selaku kepala desa mengharapkan kepada masyarakat khususnya yang sudah masuk kedalam kelompok dapat mengikuti kegiatan-kegiatan secara maksimal,” harap Effendy MS selaku kepala desa.

Sholihun selaku ketua PC Lakpesdam NU Lampung Selatan dalam hal ini bertindak sebagai PO PNPM Peduli Lampung Selatan ditemui di sela-sela berlangsungnya kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini masih ada kaitannya dengan kegiatan sebelumnya, karena pada kegiatan ini anggota kelompok akan di ajak menggambarkan intensitas usaha (nelayan) mereka serta diberikan wawasan untuk menentukan sikap dalam mencari gambaran  usaha yang akan mereka bidangi.

Pada pelatihan ini, kelompok diberikan penjelasan tentang gambaran diversifikasi usaha nelayan oleh perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Selatan yang sengaja di datangkan oleh tim PNPM Peduli. DPK Kabupaten Lampung Selatan mengatakan siap untuk membantu memandu cara pengolahan dan pemasaran sfesifik usaha yang diinginkan oleh masyarakat. Sehingga dikesempatan pelatihan ini masyarakat tertarik ingin mengembangkan usaha bakso ikan.

Ketika ditemui setelah mengadakan pelatihan tersebut, Mutakin selaku CO PNPM Peduli Lampung Selatan mengatakan bahwa kesuksesan program ini adalah bagaimana partisipasi peserta. Alhamdulillah pada training kali ini peserta mengikuti kegiatan dengan semangat, walaupun masih ada hal negatif yang harus di perbaiki. Kami dari tim program melihat banyak perkembangan bagi peserta setelah mengikuti beberapa kali pertemuan yang kami lakukan.  Keberani mereka dalam mengeluarkan pendapat dan menggambarkan usaha nelayan mereka saat ini adalah suatu bukti keinginan mereka diajak untuk maju.


Redaktur: Mukafi Niam
Sumber   : aswaja Post

BNI Mobile