IMG-LOGO
Warta

RAT BMT Kramat Ditutup dengan Angka 25 Milyar lebih


Kamis 8 Maret 2012 19:15 WIB
Bagikan:
RAT BMT Kramat Ditutup dengan Angka 25 Milyar lebih

Tegal, NU Online
Pantas saja, jika beberapa daerah banyak yang melakukan Study Banding di Baitul Mal wa Tanwil (BMT) Syirkah Muawanah (SM) NU kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, seperti yang baru-baru ini PCNU Kabupaten Karawang dengan ranting Guluk-Guluk.

Hal itu lantaran BMT tersebut memang memiliki kualifikasi yang matang dan prospektif dan mengalami perkembangan yang cukup bagus, ini terbukti dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup Buku tahun 2011, BMT tersebut mengalami perkembangan yang meningkat sehingga ditutup dengan angka SHU  Rp. 25 Milyar lebih, tepatnya Rp. 25.246.249.089.00.
<>
RAT yang digelar Ahad (4/3) di Kantor Pusat lantai 2 jalan Garuda nomor 127 Desa Bongkok Kecamatan Kramat itu dihadiri Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Sujarwanto Dwiasmanto yang diwakilkan kepada stafnya Prayitno dan Bambang, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal, dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Brebes, pengurus dan pendiri BMT dari pusat dan cabang serta beberapa tamu undangan termasuk Muspika Kecamtan Kramat.

Ketua pengurus Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT SM NU Kramat H Akhmad Zubaedi saat dimintai keterangan menjelaskan, KJSK BMT SM NU Kramat dalam perkembangannya selama sepuluh tahun tahun berhasil mendapatkan kepercayaan terhadap masyarakat terutama para pelaku usaha menengah ke bawah mengingat perkembangan KJSK BMT SM NU Kramat menjadi acuan dalam pengembangan program dan pada tahun-tahun berikutnya, maka saat ini adalah saatnya yang tetap untuk mengevaluasi perkembangan koperasi satu tahun yang lalu untuk merumuskan kebijakan strategis koperasi.

KJSK BMT SM NU Kramat senantiasa konsisten berorientasi memberikan kesejahteraan dan kemanfaatan bagi anggota dan calon anggotanya. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, diaharapkan diikuti pula dengan peningkatan partisipasi dari anggota.

“Ke depan, semoga senantiasa mampu memenuhi dan malayani para pelaku usaha se Jawa Tengah dalam penyediaan modal usaha untuk mencapai hasil yang optimal. Ini jiga menjadi perhatian karena beberapa waktu dekat ini kami juga mengkalkulasi jumlah mitra kami dari pedagang pasar mencapai 25 ribu,“ katanya.

BMT yang didirikan tahun 2001 itu telah mengepakkan sayapnya keberbagai daerah diantaranya, di daerah Tegal sendiri ada 4 Kantor kas diantaranya kantor kas Langon, Jatinegara, Margasari dan Slawi, sedangkan di Kabupaten Brebes baru berdiri 1 kantor cabang. Di kabupaten Banyumas baru ada 1 Kantor Cabang yaitu di Purwokerto dan 1 kantor kas di Jatilawang. Sedangkan di Kebumen juga baru ada 1 kantor cabang. Total kantor sebagai pusat pelayanan BMT yang juga meliputi daerah kerja ada 9 BMT termasuk BMT induk.

“Kami akan berusaha dalam waktu dekat ini mengembangkan BMT di Kabupaten Brebes mungkin yang paling pas menurut kami itu di Kecamatan Sitanggal dan menyusul untuk Bumiayu. Karena BMT ini juga sudah berbadan hukum jelas kami juga bisa mengembangkan di Jawa Tengah, mungkin daerah-dearah yang belum kami sebut bisa menjadi target pengembangan BMT membuka kantor cabang,“ terangnya.

Dari hasil RAT tutup buku tahun 2011 di sepakati untuk melaksanakan program kerja yang sudah dirumuskan oleh peserta RAT. Beberapa hal yang mnejadi rekomendasi adalah lebih meningkatkan kinerja dalam mengembangkan dan membangun BMT yang baik.

Zubaedi begitu sapaan akrab H Akhmad Zubaedi mengharap dengan adanya BMT yang mengalami perkembangan yang bagus Bank-bank juga harus tidak jor-joran dalam mengambil nasabah, karena BMT juga membantu masyarakat sekali dalam hal ekonomi. “Kerjasama semua pihak dalam mengembangkan koperasi ini sangat menentukan keberdaan BMT kedepan,“ harapnya.

Kegiatan RAT diakhiri dengan membagikan door prize kepada pengurus dan pendiri BMT, terlihat mantan Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tegal dua periode Hj Nur Hasanah bersama putri kesayangannya menenteng sepeda mini hasil door prize. Sekedar info tambahan beberapa door prize diantaranya jam dinding, Setrika, rice cooker, sepeda dan lain-lain.



Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Abdul Muiz                 

Bagikan:
IMG
IMG