PMII Guluk-Guluk Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

PMII Guluk-Guluk Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

Sumenep, NU Online
Pengurus PMII Guluk-Guluk, Sumenep, menggelar Pelatihan Kemimpinan Dasar (PKD) selama 4 hari, berakhir pada Ahad (13/5) sore kemarin. Kegiatan yang ditempatkan di Desa Pordepor, Sumenep, itu dikhususkan pada kader PMII Guluk-Guluk putri. Sedikitnya 54 orang yang ikut. Sedangkan PKD kader putra dilangsungkan pada keesokan lusanya (15/5).<>

Dalam PKD tersebut, terdapat 5 materi yang diberikan kepada peserta. Di antaranya Paradigma Kritis Transformatif, Aswaja sebagai Manhajul Fikr, Islam sebagai Teologi Pembebasan, dan seterusnya.

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kader-kader tersebut tidak diinapkan. Dari pagi hingga sore hari mereka mendapatkan pembinaan berupa kajian dan pendalaman materi. Ada juga sesi bina suasana yang dikemas dengan penampilan-penampilan seperti menyanyikan mars PMII dan sejenisnya. Usai acara, sebelum Magrib, mereka sudah pulang kembali ke rumah atau pesantren Annuqayah bagi yang berstatus santri. Keesokan harinya mereka aktif lagi dalam PKD.

Nur Faizah, ketua III pengurus komisariat Guluk-Guluk yang ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (DPM Instika) putri, saat dihubungi mengatakan bahwa pemetaan pelaksanaan PKD tersebut tiada lain demi menghormati tradisi pesantren. Selama ini memang segala kegiatan PMII Guluk-Guluk dibagi menjadi dua wilayah, putra dan putri dipisah.

Sungguhpun demikian, pemetaan tersebut tidak lantas menjadi penghalang terhadap proses kaderisasi di tubuh PMII Guluk-Guluk. Malah itu bisa menuai nilai positif, sebab bisa melahirkan nilai kompetitif antara kader putra dengan kader putri.

Selama ini, proses kaderisasi PMII Guluk-Guluk berjalan optimal. Kader putri ditangani langsung oleh ketua III yang memang diambil dari senior PMII putri, sedangkan kaderisasi di putra dibina oleh ketua I yang kini diamanatkan pada ketua DPM Instika Putra, Syamsuni Al-Busro.

Dan PKD merupakan salah satu proses kaderisasi secara formal di tubuh PMII yang selalu ditangani serius oleh para pengurus PMII Guluk-Guluk yang nyaris semuanya adalah santri Annuqayah.

Redaktur : Sudarto Murtaufiq
Kontributor : Hairul Anam

BNI Mobile