Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PCINU Lebanon Terima Kunjungan Ulama Iran

PCINU Lebanon Terima Kunjungan Ulama Iran

Beirut, NU Online
Sikap intoleran yang ditunjukkan berbagai kelompok dan gerakan Islam radikal dalam melancarkan aspirasinya kerap menimbulkan keresahan di tengah masyarakat bahkan bisa merugikan umat Islam sendiri.<>

"Kami menyayangkan berbagai gerakan radikal yang mengatasnamakan Islam karena bisa merugikan umat Islam di mata dunia," kata Ketua PCINU Lebanon, M. Zainal Aziz, saat menerima kunjungan ulama sunni dari Iran di kantor sekretariat PCINU Lebanon, Beirut, belum lama ini.

Menurut Aziz, kunjungan yang berlangsung lama itu membicarakan masa depan aswaja dengan berbagai tantangannya.

"Sebagai Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU), perwakilan Nahdlatul Ulama di Lebanon kami juga berusaha menerapkan Islam yang humanis serta rahmatan lil alamin, bukan radikal. Dan kami juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang satu misi untuk mewujudkan perdamaian dunia," ujarnya.

Dalam paparannya, Aziz juga menceritakan bagaimana usaha yang telah dilakukan NU sejak awal berdirinya hingga sekarang. Begitu juga peranan cabangnya di berbagai penjuru dunia, termasuk Lebanon.

Pihaknya juga menyinggung pula rencana pelaksanaan Kongres Internasional seluruh PCINU yang akan dilaksanakan di Beirut bulan depan.

"Salah satu usaha kami dalam deradikalisasi adalah dengan menggelar Kongres Internasional yang akan kami laksanakan pada bulan depan, insya Allah," ungkap Aziz.

Sementara Esam El Din yang menjadi perwakilan rombongan juga menekankan pentingnya kelompok Sunni untuk bisa menjaga nilai-nilai Aswaja di tengah masyarakat.

Redaktur : Sudarto Murtaufiq

BNI Mobile