Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Jabar Gelar Sanlat dan Bimtes SNMPTN

Ansor Jabar Gelar Sanlat dan Bimtes SNMPTN

Bandung, NU Online
Sekitar 480 orang lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA), Aliyah dan sekolah sederajat lainya, yang tersebar di delapan Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Barat, berkumpul di Kantor PW GP. Ansor Jawa Barat, Jl. Pasir Salam No 9A, Kota Bandung, guna mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di empat perguruan tinggi.<>

Sekertaris GP Ansor Jawa Barat, Deni Ahmad Haidar, mengatakan, sebelumnya para siswa lulusan SMA, Aliyah, dan sekolah sederajat lainya ini, telah mengikuti sanlat yang digelar setiap Pengurus Cabang GP. Ansor di tingkat Kabupaten / Kota

"Untuk di Jawa Barat, yang ikut sanlat (pesantren kilat) dan bimtes (bimbingan dan tes) jelang SNMPTN dan langsung dibimbing GP Ansor sebanyak delapan kabupaten/kota, setiap kabupaten/kota itu 60 siswa" ujarnya Ahad (10/6).

Adapun PC GP. Ansor yang mengelar sanlat dan bimtes SNMPTN ini antara lain PC GP.Kota Bandung,Kabupaten Bandung Barat, Purwakarta, Ciamis, Kota Tasik, Kota Bogor, Depok dan Kabupaten Bekasi.

"Kita harapan dengan adanya sanlat dan bimtes ini, GP. Ansor Khusunya bisa mencetak generasi muda yang cerdas dan mencerdaskan orang lain," paparnya.

"Adapun perguruan tinggi yang akan dituju oleh para peserta antara lain Insitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung," ujarnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Bandung Barat, Ali Kurniawan, menuturkan, selain digemleng materi SNMPTN, para peserta juga diberikan pemahaman ke-NU-an dengan materi-materi antara lain Aswaja, Sejarah NU berikut lembaga banom-banomnya.

"Bahkan selama sanlat yang kami selenggarakan selama 30 hari ini, kita juga mendatangkan pemateri-pemateri yang khusus dan kompeten di bidanganya," ujarnya.

Ali menambahkan, dari 60 orang peserta Sanlat dan Bimtes SNMPTN yang di gelar di Kabupaten Bandung Barat ini, "mereka semua menyatakan siap terlibat aktif dan menjadi bagian warga NU."

"Kita juga sudah menyarankan pada mereka untuk masuk ke pondok pesantrena agar mereka menjadi generasi yang benar-benar handal, baik dalam imtak maupun ipteknya," pungkasnya.

Redaktur : Sudarto Murtaufiq
Nama: Zenal Mutaqin

BNI Mobile