IMG-LOGO
Daerah

Hipsi Gelorakan Semangat Kewirausahaan Santri

Kamis 21 Februari 2013 13:38 WIB
Hipsi Gelorakan Semangat Kewirausahaan Santri

Jombang, NU Online
Semangat kewirausahaan para santri harus terus digelorakan. Ini penting agar mereka kelak bisa mandiri, dan menjadi pengusaha yang dapat diandalkan.
<>
Inilah diantara tekad yang ingin diraih pada acara Seminar Santripreneurship yang diselenggarakan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (Hipsi) di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif (21/2). Kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta ini diselenggarakan di aula SMK setempat sejak pagi hingga siang.

Saat memberikan sambutan atas nama pengasuh pesantren, KH Mukhlish menyambut gembira atas kepercayaan pengurus HIPSI dan sejumlah sponsor terhadap acara ini. 

“Kita berharap para santri dapat menyerap pengalaman dan ilmu yang disampaikan narasumber untuk bekal kelak,” tandasnya.

Sedanghan pengurus Hipsi cabang Jombang selaku penyelenggara, Mohammad Su’aib turut berterimakasih atas kesediaan pesantren untuk menjadi tuan rumah.

“Kami berkeinginan dari pesantren ini akan muncul sosok pengusaha santri yang tangguhseperti telah dicontohkan para pendiri khususnya KH Bisri Syansuri,” katanya yang disambut amin peserta.

Pak Su’aib menyaampaikan bahwa kegiatan road show seminar santripreneurship akan berlangsung di lima pesantren besar di Jombang. 

“Untuk pagi ini diselenggarakan di Pesantren Mamba’ul Maarif Denanyar,” katanya. “Sedangkan siang hingga sore nanti akan diselenggarakan acara serupa di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas,” lanjutnya.

Tidak berhenti sampai di situ, berikutnya akan terus digelar acara serupa di Pesantren Tebuireng, Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung serta terakhir di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang.

Sebelum seminar, para santri terlebih dahulu ditampilkan slide video tentang kiprah para kiai dan pengasuh pesantren di Jombang yang tidak kenal lelah membangun jaringan usaha sehingga terhimpunlah organisasi Nahdlatut Tujjar atau sekumpulan para pedagang. Para santri seakan mendapat stimulus ketika sosok pendiri dan pengasuh pesantren Mamba’ul Ma’arif yakni KH Bisri Syansuri muncul di video tersebut. 

“Kami bangga dengan kiprah Mbah Bisri,” kata salah seorang santri kepada NU Online.

Pada kesempatan itu, tampil sebagai pemateri adalah Mohammad Ghazali dari PP Hipsi, HM Yasin dari Hipsi Jawa Timur serta Sulaimin Sanjaya yang juga trainer kewirausahaan. Sedangkan dari sponsor hadir juga Agung Nugroho Santoso, perwakilan dari  So Nice pusat.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Saifullah

Bagikan:
IMG
IMG