Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Kota Bandung Gelar “Tarling”

NU Kota Bandung Gelar “Tarling”

Bandung, NU Online
NU Kota Bandung yang terdiri PCNU bekerjasama dengan Pimpinan Cabang GP Ansor dan PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama menggerlar tarawih Keliling (Tarling). Putaran pertaman di Mesjid At-Taqwa di Tegal Lega, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/7).

Selepas tarawih, digelar diskusi dengan jamaah. Pada kesempatan itu, Ketua PCNU Kota Bandung KH Maftuh Kholil memaparkan, bahwa NU konsisten dan komitmen terhadap nilai-nilai yang telah didawamkan ulama-ulama terdahulu. Ia menjelaskan tarawih 20 rakaat.

“Ajaran yang kita laksanakan ini memang berangkat dari ucapan Sayyidina Umar. Maka kita menjalankan tarawih ini 23 rakaat serta witirnya,” ungkapnya. 

Ia mengatakan jumlah tarawih 20 rakaat tidak bid’ah. Kata dia, tidak mungkin melakukan bid’ah tak berdasar karena SayyidinaUmar adalah salah satu orang yang telah mendapatkan SK masuk surga. 

Sekretaris PCNU KH. Agus Syarif Hidayatulloh, menyampaikan kepada jamaah, bahwa NU bukan partai politik, melainkan Ormas yang menjaga keutuhan NKRI dan memperjuangkan kemerdekaan RI. Akhir-akhir ini, kata dia, timbul pihak yang kurang suka NU. 

“NU adalah golongan yang suka shalawat, ziarah kubur, muludan, rajaban. Inilah Hal-hal yang telah kita biasakan dari para leluhur kita, ini merupakan ajaran-ajaran NU,” katanya menjelaskan.

Sementara itu Ketua PC GP Ansor Kota Bandung, Aa Abdul  Rozak, mengatakan “Subbanul yaum rijalul ghod”, pemuda hari ini adalah generasi penerus masa yang akan datang. “GP Ansor ta’diman wa takriman kepada sesepuh NU untuk membantu dalam proses kaderisari. Karena kader Ansor adalah kader NU,” katanya.

Bendahara PC IPNU Kota Bandung, Irwan Khadafi, meminata jamaah supaya anak-anaknya yang masih duduk dibangku sekolah mari bergabung di IPNU. 

“Kami siap membantu mencerdaskan anak bangsa, agar terarah dalam proses ideologsasi sehingga tidak masuk organisasi yang tidak jelas sejarahnya,” ujarnya.

Jamaah masjid Mesjid Attaqwa merespon positif kegiatan PCNU Kota Bandung. Mereka menginginkan PCNU rutin mengadakan tarling.

Redaktur    : Abdullah Alawi 
Kontributor: Ujang Miftahudin


BNI Mobile