Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LBH Ansor DIY Buka Posbakum

LBH Ansor DIY Buka Posbakum

Yogyakarta, NU Online
Lembaga Bantuan Hukum LBH Ansor bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Sleman dan Pengadilan Agama Sleman menyelenggarakan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Negeri Sleman dan Pengadilan Agama Sleman bagi masyarakat miskin.<>

Menurut Direktur LBH Ansor, Agus Suprianto, Posbakum merupakan program pemberian bantuan hukum cuma-cuma yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang sedang berhadapan dengan hukum melalui Organisasi Bantuan Hukum yang terakreditasi sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 16 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2013.

LBH Ansor sendiri merupakan salah satu organisasi bantuan hukum yang mendapatkan akreditasi “A” di Indonesia oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dan merupakan satu-satunya organisasi bantuan hukum yang terakreditasi “A” di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Kadiv Humas LBH Ansor Yogyakarta Muh. Jamal, warga yang ingin mendapatkan pelayanan Posbakum cukup mengajukan permohonan di Posakum PN Sleman/PA Sleman, dengan menyerahkan dokumen yang berkenaan dengan perkara hukum yang dihadapi dan mMelampirkan Surat Keterangan Miskin dari Lurah/Desa/Pejabat yang berwenang di tempat tinggal pemohon atau surat sejenis lainnya (Kartu Jamkesmas, Raskin, PKH, KPS, BLSM, dll).

Adapun jenis pelayanan yang disediakan antara lain konsultasi, pembuatan dokumen hukum (permohonan/gugatan, dll), pendampingan hukum baik di Pengadilan maupun di luar pengadilan. Waktu dan tempat pelayanan Senin-Kamis pukul 09.00-12.00 WIB di Pengadilan Negeri Sleman Jl. Merapi No.1, Beran.



Redaktur: A. Khoirul Anam

BNI Mobile