‘Kembalikan’ Bedug ke Masjid!

, ‘Kembalikan’ Bedug ke Masjid!
, ‘Kembalikan’ Bedug ke Masjid!

Subang, NU Online
Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan sekaligus menyambut Idul Fitri, Masjid Besar Baiturrohman yang berlokasi di Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang setiap menjelang idul fitri rutin menggelar kegiatan lomba bedug. Tahun ini kegiatan  digelar pada Senin (5/8) malam.<>

Demikian disampaikan KH. Agus Syarifudin, Ketua DKM Masjid Besar Baiturrohman Kecamatan Purwadadi dalam sambutannya di acara babak final lomba bedug yang diikuti oleh 10 peserta/kelompok terbaik dari 21 peserta yang sudah diseleksi dalam babak penyisihan pada 2 malam sebelumnya.

Menurut Haji Agus, demikian ia biasa disapa, salah satu motivasi Masjid Besar Baiturrohman menggelar lomba bedug ini adalah untuk ‘mengembalikan’ bedug ke masjid, sebab sejak bedug ‘diusir’ oleh kelompok yang tidak menyukai keberadaan bedug di masjid, bedug dijadikan sebagai sebuah kesenian Tardug (gitar dan bedug), tardug tersebut sudah berkembang di Kabupaten Subang.

“Kegiatan ini sudah 15 tahun, sejak 1998, dulu bedugnya cuma satu, terus berkembang dan berkembang, ini sebagai upaya untuk mengembalikan bedug ke masjid, mengingatkan kepada masyarakat bahwa tempatnya bedug ini ya di masjid, bukan dimana-mana,” ungkap Wakil Ketua PCNU Subang itu.

Sebab, lanjut Haji Agus, semakin ke sini bedug yang seharusnya mengingatkan shalat dan dzikir kepada Allah, setelah bedug itu ‘diusir’ oleh orang yang membid`ahkan bedug, akhirnya ahli seni memanfaatkan bedug yang ‘diusir’  itu menjadi kesenian tardug, dipakai nyanyi-nyanyi, joged dan lain sebagainya, seharusnya bedug itu dipakai untuk mengingatkan shalat dan dzikir, tardug ini dipakai sebaliknya.

Dalam kegiatan yang memperebutkan total hadiah sebesar 5 juta rupiah tersebut berlangsung meriah, ribuan orang tampak memadati Masjid untuk dapat melihat para peserta lomba dari jarak dekat, menurut Haji Agus, para hadirin ini sengaja dibawa oleh para peserta untuk memberikan doa dan dukungan kepada mereka agar dapat menjadi juara dalam lomba yang disponsori oleh para jamaah masjid dan perusahaan rokok tersebut.

Selain dihadiri oleh para peserta dan supporter, tampak juga KH Musyfiq Amrullah, Ketua PCNU Subang yang memimpin doa pembukaan kegiatan, serta para pejabat daerah, mulai dari Kepala Desa se-kecamatan Purwadadi, Camat Purwadadi dan Bupati Subang, H. Ojang Sohandi.


Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Aiz Luthfi

BNI Mobile