IMG-LOGO
Daerah

Warga Wirogunan Rutin Gelar Selawat Selapanan


Sabtu 21 September 2013 14:03 WIB
Bagikan:
Warga Wirogunan Rutin Gelar Selawat Selapanan

Sukoharjo, NU Online
Pendapa Kelurahan Wirogunan Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah, Jumat (20/9) malam, penuh dengan jamaah berpakaian muslim. Jamaah laki-laki dan perempuan yang terpisah tempat duduknya dengan khidmat mendengarkan ceramah ustaz Hafid.
<>
“Ayo kita tegakkan Islam, gemakan cinta rasul. Insyallah sukses!” kata Ustaz Hafid.

Ustaz dari IAIN Surakarta mengajak ratusan jamaah yang hadir untuk memperbanyak zikir dan selawat. Beberapa kali di sela ceramahnya, dia juga melantunkan selawat yang diikuti jamaah.

Acara yang diselenggarakan warga Wirogunan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap selapan (40 hari) sekali, yakni setiap malam Sabtu Pon. Salah satu penggerak jamaah Katib Syuriyah Sukoharjo Kiai Abdullah Faishol menuturkan pada awalnya kegiatan ini diadakan di rumahnya.

“Saya coba memusatkan kegiatan itu di rumah selama dua tahun. Ternyata respon masyarakat bagus. Bahkan rumah saya sampai tidak cukup memuat jamaah,” kata Kiai Abdullah.

Melihat permasalahan yang ada, Kiai Faishol dan jamaahnya kemudian mencari tempat yang lebih luas. “Kita dekati kelurahan, dan dapat respon yang bagus,” tambahnya.

Selain di kantor kelurahan, dia juga rutin mengadakan kegiatan serupa di Masjid As-Salam Kranggan Wirogunan. Di sana, ia melaksanakannya rutin setiap malam Jumat Kliwon.

Faishol menuturkan, penting juga bagi para tokoh atau kiai setempat untuk mengurusi kegiatan di lingkungannya masing-masing.

Jangan sampai banyak mengisi di luar, tapi daerahnya sendiri ditinggal, tandasnya. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG