IMG-LOGO
Internasional

Keberadaan NATO Sebabkan Penderitaan Rakyat Afganistan


Sabtu 12 Oktober 2013 19:23 WIB
Bagikan:
Keberadaan NATO Sebabkan Penderitaan Rakyat Afganistan

London, NU Online
Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada awal pekan ini mengutuk misi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (The North Atlantic Treaty Organization/NATO di negaranya, yang menyebabkan "banyak penderitaan" tanpa memberikan keuntungan apa pun.
<>
"Terkait keamanan terdepan, seluruh misi NATO justru yang menyebabkan banyak penderitaan pada rakyat Afghanistan, banyak korban jiwa, dan tidak ada keuntungan karena negara tidak aman," katanya kepada Yalda Hakim dari BBC World News.

"Apa yang kami inginkan adalah keamanan mutlak dan perang yang jelas terhadap terorisme," katanya seperti dikutip kantor berita AFP.

Pemimpin yang akan mengakhiri masa jabatannya itu juga mengatakan kepada BBC bahwa dia mungkin tidak akan menandatangani kesepakatan keamanan bilateral yang diinginkan oleh Amerika Serikat .

Tentang kesepakatan keamanan dengan Amerika Serikat yang akan menjelaskan hubungan kedua negara setelah penarikan pasukan NATO pada 2014, Karzai mengecilkan harapan akan disepakatinya kesepakatan itu segera.

"Jika kesepakatan itu tidak sesuai dengan kami dan jika tidak sesuai dengan mereka kemudian, tentu kami akan berpisah," jelasnya.

"Jika kesepakatan ini tidak memberikan perdamaian dan keamanan bagi Afghanistan, maka rakyat Afghanistan tidak akan menginginkannya."

Amerika Serikat berharap kesepakatan itu dapat disetujui sebelum pemilihan pengganti Karzai dalam waktu enam bulan mendatang.(antara/mukafi niam)
Foto: THe Telegraph

Bagikan:
IMG
IMG