Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Awali Mapaba, PMII UGM Ziarah Budaya

Awali Mapaba, PMII UGM Ziarah Budaya

Sleman, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Gajah Mada akan mengadakan kegiatan bertajuk ziarah budaya pada Sabtu 19 Oktober 2013. Kegiatan ini merupakan bagian dari Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) yang akan digelar pada bulan November 2013.

<>Salah seorang anggota PMII UGM, Abdul Jalil, mengatakan ziarah budaya tersebut bertujuan memberikan informasi wisata, edukasi, dan semangat perjuangan kepada para peserta. Kegiatan ini meliputi kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Yogyakarta, Masjid Bawah Tanah (termasuk dalam komplek wisata Taman Sari).

“Termasuk makam KH. Moenawwir (tokoh pendiri dan perintis Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta dan murid Syech Kholil Bangkalan) di wilayah Dongkelan, Yogyakarta, makam KH. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) di wilayah Mergangsan, Yogyakarta,” katanya melalui pers rilis yang dikirim Jumat (18/10).

Peserta yang umumnya merupakan mahasiswa baru, kata Jalil, perlu diberikan penguatan nilai yang berbasis pada budaya dan sejarah bangsa. Selain sebagai sarana peserta untuk mengenal lebih jauh tentang PMII. 

“Kegiatan ini mudah-mudahan bisa menjadi sarana bagi mereka untuk menguatkan identitas kebangsaan, sadar akan warisan budaya, dan mengambil hikmah dari perjuangan orang-orang terdahulu,” ungkap mahasisa Psikologi UGM ini.

Mapaba kurang Kreatif
Ide awal dari kegiatan ziarah budaya, tambah dia, karena melihat bahwa kegiatan MAPABA akhir-akhir ini kurang kreatif dan stagnan.

Keresahan itu disampaikan kepada pengurus PMII Komisariat Gadjah Mada dan pengurus PMII Cabang Sleman. Keresahan ini kemudian dituangkan dalam bentuk diskusi, dimana sahabat Ahmad Jay., S.Fil bertindak sebagai fasilitator. Diskusi yang dimulai sejak September 2013 ini,berhasil memberikan titik terang kepada para panitia, untuk menciptakan kegiatan yang lebih kreatif.

Di waktu yang hampir bersamaan, sahabat/i dari PMII Komisariat Hasyim Asy’arie Universitas Negeri Yogyakarta juga melaksanakan kegiatan Mapaba yang bertempat di Pesantren Kaliopak, Piyungan, Yogyakarta yang diasuh Muhammad Jadul Maula. 

Kegiatan ini dimulai tanggal 18 Oktober 2013 - 20 Oktober 2013. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah: Idealisme Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan Bangsa. (M. Fathul Farikh/Abdullah Alawi)

BNI Mobile