PMII RAYON PANCASILA

Ada Simulasi Ruang Publik Demokratis di Mapaba

Ada Simulasi Ruang Publik Demokratis di Mapaba

Malang, NU Online
Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Pancasila Komisariat Brawijaya Cabang Kota Malang berlangsung hangat di tengah udara dingin Kota Batu, Malang, Jumat tanggal 18-20 Oktober 2013.
<>
Penerimaan anggota baru PMII Rayon Pancasila diikuti 53 mahasiswa. Mereka, setelah menerima beberapa materi dasar Mapaba, panitia mengarahkan peserta untuk berkelompok dalam tiga kategori, yaitu swasta, pemerintah, dan pengusaha.

Dalam salah satu sesi, peserta mempraktekkan konsep ruang publik diskursif sebagai simulasi demokrasi deliberatif. Muhammad Luthfil Hakim sebagai fasilitator melemparkan tema tentang kebijakan pembangunan Kota Batu sebagai stimulus diskusi.

Selebihnya, peserta melanjutkan sendiri teknis diskusi hingga dua jam kemudian. Banyaknya perdebatan antarkelompok memunculkan beragam opini tentang kepublikan, politik, dan kebijakan pembangunan. Mulai dari perspektif ekonomi, lingkungan, rencana tata ruang-tata wilayah, hingga pertambahan jumlah populasi penduduk.

“Pemerintah memang punya kewenangan, tapi harusnya kan tidak sewenang-wenang,” ungkap Nuzul Shalihah, salah seorang peserta Mapaba dalam pernyataannya ketika simulasi berlangsung.

Di kesempatana berbeda, Ketua PMII Rayon Pancasila Komisariat Brawijaya, Fitrian Dwi Wahanadi mengatakan, simulasi ruang publik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada peserta Mapaba bahwa musyawarah mufakat itu penting dalam rangka mengambil kebijakan publik yang ideal,” katanya kepada kontributor NU Online di Kota Batu, Jawa Timur, pada Sabtu (19/10).

Muhammad Hizbul Maula, ketua panitia kegiatan penerimaan anggota ini, mengaku cukup senang dengan semangat peserta meski selama tiga hari penuh peserta diberi materi tentang Islam Indonesia, Aswaja, pemahaman gender, ke-PMII-an, dan tanggung jawab keilmuan.

Kegiatan ini sangat menkankan disiplin waktu yang cukup tinggi, pembiasaan shalat berjamaah lima waktu, dan kebersihan. Tak lupa pula disisipi dengan dzikir dan istighasah bersama.

Rayon Pancasila adalah anggota PMII di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang secara struktural berada di bawah PMII Komisariat Brawijaya Malang, Jawa Timur. (Mahali/Abdullah Alawi)

BNI Mobile