IMG-LOGO
Daerah

470 Jamaah Haji Probolinggo Disambut di Miniatur Ka’bah


Selasa 12 November 2013 11:00 WIB
Bagikan:
470 Jamaah Haji Probolinggo Disambut di Miniatur Ka’bah

Probolinggo, NU Online
Wisata Religius Miniatur Ka’bah di Desa Curah Sawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur kembali dipenuhi ribuan massa, Sabtu (9/11) malam.
<>
Setelah digunakan sebagai lokasi pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo pada 29 September, Miniatur Ka’bah kembali digunakan sebagai lokasi untuk menyambut kedatangan para “tamu Allah” tersebut.

Kedatangan jamaah haji tersebut disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Moch. Nawi, Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Agus Wahyudi, Kepala Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Probolinggo Busthami dan sejumlah Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Jamaah haji yang tergabung pada kloter 42 dan 43 sebanyak 470 orang tiba Sabtu (9/11) malam dan memasuki halaman parkir Miniatur Ka’bah sekitar pukul 23.30 WIB. Sementara beberapa unit truk yang membawa barang bawaaan jamaah haji langsung menuju Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

Berkat kesiapan dan kesigapan petugas keamanan, proses kedatangan jamaah haji dan penjemputan oleh keluarganya malam itu dapat berjalan lancar dan sukses. Meskipun ketika rombongan bus yang mengangkut jamaah haji tiba, gerombolan massa sempat memaksa untuk maju mendekat pagar pembatas.

Perasaan tidak sabar menahan rasa rindu ingin bertemu keluarga membuat ribuan penjemput sempat memaksa menerobos masuk. Hiruk pikuk massa yang mencari keluarganya segera bercampur dengan keharuan dan isak tangis bahagia tatkala mereka bertemu dengan orang-orang yang sangat dirindukannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Moch. Nawi mengungkapkan atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan selamat datang dan bersyukur karena jamaah haji Kabupaten Probolinggo telah tiba di tanah air dalam kondisi sehat dan selamat.

Tidak lupa Sekda Nawi juga menyampaikan terima kasih atas kesigapan petugas dan kesadaran para penjemput jamah haji untuk menjaga ketertiban, termasuk parkir kendaraan sehingga arus lalu lintas relatif lancar.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Busthami mengungkapkan jamaah haji yang baru tiba dari tanah suci tersebut langsung dibawa ke asrama haji untuk menyelesaikan beberapa proses administrasi seperti pemeriksaan paspor dan cek kesehatan.

“Setelah melalui pemeriksaan paspor, barang bawaan dan pemeriksaan kesehatan, selanjutnya jamaah haji diserahkan kepada petugas Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo untuk pemulangannya ke Kabupaten Probolinggo,” ungkap Busthami.

Demi kenyamaman dan ketertiban jamaah haji, koper dan barang bawaan jamaah diangkut kendaraan terpisah dan langsung diturunkan di Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo. Barang bawaan tersebut dapat diambil oleh jamaah atau keluarganya dengan memperlihatkan paspor jamaah kepada petugas. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG