IMG-LOGO
Daerah

Ranting NU Tambakreja Santuni Yatim dan Lansia

Rabu 13 November 2013 14:01 WIB
Ranting NU Tambakreja Santuni Yatim dan Lansia

Cilacap, NU Online
Mengambil momentum Hari Pahlawan dan tahun baru Islam 1435 H, pengurus Ranting NU dan Muslimat NU Tambakreja kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap Jawa Tengah menggelar haul massal dengan puluhan anak yatim dan manusia lanjut usia, Ahad (10/11).
<>
Dalam acara haul dan Hari Pahlawan, sedikitnya 70 anak yatim dan puluhan lansia menerima santunan. Pembagian santunan diiringi dengan pembacaan selawat secara bersama-sama. Haul juga dimaksud untuk mengenang jasa para pahlawan.

Kegiatan yang ditempatkan di mushola Al-Himmah dihadiri Ketua NU Tambakreja KH Masri Mahfud, Pengasuh PP Ihya Ulumiddin KH M Mudatsir dan KH Amin Saefani, Ketua MWCNU Cilacap Selatan R Bastuti Ridwan.

KH Masri Mahfud mengatakan, peran, tugas, fungsi, dan tanggung jawab para ulama dalam upaya membangkitkan umat menuju tegaknya kembali izzul Islam wal muslimin sangatlah besar.

“Kita semua musti menyadari, seluruh problem berbagai sendi kehidupan yang dihadapi umat sekarang berpangkal pada makin jauhnya umat dari Islam,” katanya.

KH Ahmed Shoim dari Kesugihan mengatakan, hari kesepuluh bulan Muharram yang biasanya juga disebut bulan Suro dijadikan Allah Swt sebagai sejarah kebangkitan dan kejatuhan (kehancuran) umat manusia di abad yang telah silam untuk menjadi i’tibar bagi umat manusia yang akan datang (umat Muhammad). 

Selain meningkatkan ibadah yang berupa puasa Asyuro’, pada tanggal dan bulan ini pun umat Islam dianjurkan untuk menyantuni para fakir miskin, anak yatim, orang-orang telantar dan mereka yang membutuhkan pertolongan.

Momen peringatan haul massal yang dilaksanakan oleh Ranting NU Tambakreja diakhiri oleh taushiyah Gus Soim yang mengisahkan sahabat Bilal bin Rabah. Acara berakhir menjelang Zuhur. (Suryo/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG