::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Masdar: Indonesia Negara yang ditakdirkan Tuhan untuk Umat Islam

Kamis, 12 Desember 2013 23:00 Nasional

Bagikan

Kiai Masdar: Indonesia Negara yang ditakdirkan Tuhan untuk Umat Islam

Jakarta, NU Online
Indonesia adalah negara yang ditakdirkan Allah SWT bagi umat Islam. Sebagai warga negara kita tidak bisa menghindari fakta modern bernama kewarganegaraan. Oleh karenanya, minimal setiap warga negara memiliki tanda bukti untuk menunjukkan afiliasi kenegaraannya.
<>
Hal ini dikatakan Rais Syuriah PBNU KH Masdar Farid Mas’udi pada seminar sehari bertemakan Pendidikan Kewarganegaraan Pesantren Ciganjur bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan (Puslitbang Penda) Kementerian Agama RI di hotel Bintang, Jl. Raden Saleh Jakarta (12/12), siang.

“Fakta yang keras ini, harus diletakkan sebagai sebuah realitas yang tidak bisa kita elakkan. Betapa repot sekali jika seseorang tidak memiliki KTP atau paspor, misalnya, ketika memasuki wilayah negara lain. Tentu ini akan menimbulkan masalah besar,” ujar Pak Masdar.

Namun, lanjutnya, masalah tersebut harus diselesaikan dengan baik. Semakin banyak masalah justru semakin membuat kita dewasa. Sesungguhnya, masalah adalah penghormatan dari Tuhan. Orang besar adalah orang yang pandai mengatasi masalah.

“Tanpa masalah, orang bukan siapa-siapa. Masalah akan menjadi awal mula bagi kebesaran anda. Maka, terimalah negeri ini dengan penuh rasa syukur diikuti aktualisasi tanggung jawab terhadap negara,” pungkasnya. (Ali Musthofa Asrori/Abdullah Alawi)