IMG-LOGO
Trending Now:
Nasional

Pembina HIPSI Pusat: Menjalankan Bisnis, Amalkan Sunah Rasul

Sabtu 21 Desember 2013 18:05 WIB
Pembina HIPSI Pusat: Menjalankan Bisnis, Amalkan Sunah Rasul

Yogyakarta, NU Online
Aktivitas bisnis sama dengan menjalankan sunah Rasul. Rasulullah adalah saudagar Makkah. Dengan pamannya, Rasul berdagang ke Syam, dan lain kota. Sejarah itu memberikan pelajaran bagi umat bahwa ketika di dunia manusia tetap harus bekerja tanpa mengabaikan akhirat.
<>
Demikian disampaikan Pembina Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Pusat Aunur Rofiq saat menjadi pemateri dalam Seminar Entrepreneur yang diadakan HIPSI DIY di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jum’at (20/12) siang.

Hadits Rasul, lanjut Rofiq, menyebutkan, tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Rasulullah pun memberikan contoh nyata dari hadits itu.

Rofiq sedikit menyayangkan para da’i yang menyatakan, daripada menjadi orang kaya yang tidak bertaqwa, lebih baik menjadi orang miskin yang bertaqwa dan tawakkal.

“Seharusnya dibalik, lebih baik menjadi orang kaya yang sekaligus bertaqwa. Jadi mindset kita jangan hanya ingin jadi pejabat, tapi juga menjadi pengusaha yang bisa menyerap para pengangguran,” ujar Rofiq yang juga Komisaris Utama PT Nusantara Termagoal.

Rofiq yang telah melanglang dalam dunia bisnis mengatakan, seorang pebisnis akan selalu berpikir dan melihat peluang. Pebisnis tidak boleh berpikir dan khawatir bangkrut. “Satu lagi, dalam bisnis harus betul-betul menggunakan otak. Jangan hanya jadi makelar,” tegasnya. 

Senada dengan penyampaian narasumber lain Ishadi SK, Rofiq menyatakan optimis akan masa depan perekonomian Indonesia. Karena, di banding lain negara, Indonesia memiliki generasi muda yang sangat banyak. (Dwi Khoirotun Nisa/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG