Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Sragen Dukung Renovasi Masjid Kauman

NU Sragen Dukung Renovasi Masjid Kauman

Sragen, NU Online
Rencana Pemerintah Kabupaten Sragen untuk merenovasi Masjid Kauman, mendapat apresiasi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. 

<>Pembangunan masjid tersebut telah diputuskan pada rapat paripurna tentang APBD 2014, yang akan mendapat bantuan sebesar Rp 2 miliar.

NU Sragen, yang selama ini ikut mengawal kebijakan tersebut, mengungkapkan dukungannya melalui Wakil Ketua PCNU Sragen, Muh. Fadlan. 

“Kami memberikan apresiasi dan menyambut positif. Lebih dari itu, kami berharap masjid tersebut betul-betul membawa kemaslahatan bagi umat dan segenap masyarakat di Sragen,” katanya, Jumat (20/12).

Fadlan menjelaskan, Masjid Kauman memiliki sejarah terkait perkembangan dakwah dan peradaban Islam di Bumi Sukowati. “Selain itu, masjid ini meruapakan masjid tertua yang sudah seharusnya mendapat perhatian,” paparnya.

Meskipun demikian, NU Sragen berharap dalam proses pembangunan nantinya tetap melibatkan para kiai dan ulama. “Boleh direnovasi, tapi jangan sampai mengubah seluruh bentuk aslinya. Karena itu, saran dan pertimbangan para ulama dan kiai di Sragen tetap diperlukan,” jelasnya.

“Yang tidak kalah penting, keberadaan masjid harus menjadi salah satu pusat pembinaan umat dan penyemaian kajian keislaman dan kebangsaan, sebagaimana harapan para ulama pendahulu,” pungkasnya. (Ajie Najmuddin/Abdullah Alawi)

BNI Mobile