Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ratusan Siswa MTs Miftahul Huda Gelar Tahlil Kamisan

Ratusan Siswa MTs Miftahul Huda Gelar Tahlil Kamisan

Rembang, NU Online
Rutin tahlilan setiap Kamis di sekolah, ratusan siswa-siswi MTs Miftahul Huda desa Maguan kecamatan Kaliori kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Kamis (2/1) sore, mengadakan tahlil bersama di pemakaman umum desa dalam rangka haul sesepuh setempat, embah KH Sholeh.
<>
Kepala sekolah MTs Miftahul Huda Sobari mengatakan, meski tahlil rutin Kamisan, pihaknya tak lupa mengajarkan ziarah kubur kepada para siswa.

Selain mengajarkan ziarah, pihaknya juga menginginkan para siswa mengambil “pelajaran” di setiap ziarah kubur. Mereka bisa menjadikan ziarah kubur sebagai rutinitas harian, lanjut Sobari.

Dari ziarah di kubur sesepuh desa itu, Sobari mengharapkan keberkahan bagi para siswa dalam menuntut ilmu. “Setiap tahun, siswa wajib mengikuti ziarah di setiap haul embah Sholeh dan nyai Siti Robiah yang jatuh pada awal bulan Rabiul Awal,” terang Sobari.

Ia berencana memberikan pelajaran biografi para tokoh seperti mbah Sholeh dan nyai Siti Robbiyah dalam mata pelajaran di sekolah. Dengan pelajaran biografi para tokoh di Maguan, para siswa tidak lupa dengan perjuangan para kiai di masa lalu, harap Sobari.

Sejak diberlakukannya haul embah Sholeh delapan tahun lalu, siswa MTs Miftahul Huda tak pernah absen baik dalam perayaan pawai, tahlil di makbaroh, hingga pengajian yang di gelar di masjid desa. (Ahmad Asmu’i/Alhafiz K)

Posisi Bawah | Youtube NU Online