IMG-LOGO
Nasional

Seperti Syekh Zakaria, Embah Maemun Telurkan Banyak Penyebar Agama


Jumat 10 Januari 2014 20:05 WIB
Bagikan:
Seperti Syekh Zakaria, Embah Maemun Telurkan Banyak Penyebar Agama

Rembang, NU Online
Mustasyar PBNU KH Maemun Zubair sosok kiai karismatik yang bisa disejajarkan dengan Syekh Abu Zakaria Al-Anshori. Karena, Embah Maemun mendidik santri-santrinya yang kini menyebar di banyak lini dan daerah.
<>
Demikian dikatakan seorang putra Embah Maemun KH Abdul Ghofur Maemun yang acap disapa Gus Ghofur yang mewakili keluarga dalam sambutan harlah ke-47 Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang, Kamis (9/1).

“Para santri didikan syekh Zakaria yang berjuluk Syaikhul masyayikh atau Syaikhul Islam tersebar di mana-mana,” terang Gus Ghofur.

Embah Mun guru kita itu mirip dengan Syekh Zakaria. Ke mana-mana dan di mana-mana ada alumni Al-Anwar, santri Sarang. Pada even bahtsul masail hampir didapati delegasi lulusan Al-Anwar. Mereka juga tersebar di pemerintahan, di madrasah-madrasah, terang Gus Ghofur.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena memperbanyak umat yang menyerbarkan ilmu agama. Gus Ghofur menyebutkan hadits nabi, Tazawwajuu al-waluud al-waduud fainni mubahin bikumul umama yaumal qiyamah.

“Lewat hadits ini, saya tidak memerintahkan umat untuk nikah lagi tetapi lebih anjuran menelurkan banyak penyebar agama,” tandas Gus Ghofur. (Asnawi Lathif/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG