IMG-LOGO
Daerah

Kemeneag Grobogan Lomba Baca Kitab di gedung NU

Jumat 28 Februari 2014 18:14 WIB
Kemeneag Grobogan Lomba Baca Kitab di gedung NU

Grobogan, NUOnline
Kementrian Agama Kabupaten Grobogan menggelar lomba Membaca Kitab Kuning di gedung PCNU Grobogan Jawa Tengah pada 26-27 Februari. Tak kurang 54 pondok pesantren se-kabupaten Grobogan turut andil dalam perlombaan ini.
<>
“Orang bisa membaca kitab kuning di era saat ini sangat langka,” tutur Muh. Arifi dalam sambutannya. Ketua Kemenag Grobogan itu juga menambahkan, lomba ini digelar untuk mempertahankan warisan leluhur itu sekaligus menjadi ajang penjaringan santri yang akan mewakili Grobogan di lomba yang sama tingkat Jawa Tengah.

Rencananya lomba baca kitab kuning tingkat regional Jawa Tengah akan dihelat di pondok pesantren Guyangan Pati bulan April Mendatang.

Sementara Kasi Pendidikan Pondok Pesantren sekaligus Ketua Tanfidziyah NU Grobogan menyatakan, kegiatan ini dihelat tiap dua tahun sekali. Untuk tahun 2014 sendiri merupakan yang ketiga.

Lomba ini dibagi menjadi tiga kategori, awaliyah, wustho dan ulya. Masing-masing kategori membaca kitab yang berbeda dan sifatnya gradual. Untuk dewan juri panitia meminta bantuan dari lembaga bahtsul masail (LBM) NU Grobogan.

Kemenag Grobogan berharap, melalui penjaringan ini nantinya terlahir bibit-bibit unggul. Serta mampu membawa nama Grobogan bersinar di tingkat Jawa Tengah. Lebih-lebih, mampu membawa harum nama Jawa Tengah pada perhelatan MHQ tingkat nasional Juni mendatang di Jambi. (Hanif/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG