IMG-LOGO
Pesantren

Santri Pesantren Raudlatut Tholibin Praktik Mengurus Jenazah

Selasa 25 Maret 2014 08:30 WIB
Santri Pesantren Raudlatut Tholibin Praktik Mengurus Jenazah

Cirebon, NU Online
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, pesantren Radulatut Tholibin Babakan, Ciwaringin, Cirebon,  Jawa Barat, melaksanakan program bulanan, di antaranya praktik ibadah mengurus jenazah.
<>
Dalam kegiatan yang berlangsung Ahad (23/03) malam ini, atas nama pengurus pesantren, Ust Agus Muslimin mengatakan bahwa program praktik ibadah ini merupakan program rutin pesantren untuk memperluas wawasan para santri di bidang pemulasaraan jenazah.

Narasumber pada kegiatan ini adalah H Apud, salah seorang tokoh sepuh masyarakat yang berpengalaman dalam hal mengurus jenazah. Dalam pemaparannya, ia banyak memotivasi dan memandu para santri dengan memeragakan langsung langkah demi langkah pengurusan jenazah.

“Sebetulnya kalian, para santri, lebih paham dari saya. Saya hanya orang biasa yang masih awam dalam mengurus jenazah. Saya mungkin hanya lebih punya pengalaman dari kalian. Makanya apa yang saya praktikkan nanti sebetulnya pengalaman saya selama ini tiap kali mengurus jenazah,” tuturnya.

Kegiatan praktik mengurus jenazah ini dimulai dengan presentasi secara lisan mulai dari proses memandikan, mengafani, dan mengubur mayit. Baru kemudian dilanjutkan secara praktik. Antusiasme para santri begitu terlihat, apalagi narasumber menyampaikan pemaparannya dengan penuh humor. Ia pun mempersilakan para santri untuk bertanya jika ada yang kurang jelas. Puluhan santri pun berebut mengacungkan tangan untuk bertanya. (Qomarudin/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG