IMG-LOGO
Nasional

Mahfud MD: Keragaman Menjadi Spirit Kekuatan Bangsa

Selasa 15 April 2014 03:01 WIB
Mahfud MD: Keragaman Menjadi Spirit Kekuatan Bangsa

Sukoharjo, NU Oline
Kebhinekaan justru bisa menjadi spirit dan kekuatan dalam aktivitas berbangsa menuju cita-cita dan tujuan negara, kata Ketua Dewan Kehormatan ISNU Moh. Mahfud MD saat berorasi di hadapan 436 magester dan sarjana IAIN Surakarta.
<>
“Negara Indonesia merupakan negara dengan tingkat pluralitas tinggi, ancaman konflik dan permusuhan sangat rentan terjadi,” katanya pada wisuda ke XXVIII IAIN Surakarta di Jln Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (12/4) lalu.

Menurut dia, setiap orang memiliki hak asasi, pemenuhan terhadap hak asasi tersebutlah rentan menimbulkan benturan yang mana ketika tingkat kepekaan dan kesediaan masing-masing orang untuk mentolerir perbedaan.

Dalam hal ini, lanjutnya, kebhinnekaan menjadi salah satu kekuatan dalam aktivitas berbangsa karena harmoni sosial dan persatuan bangsa ini sungguh tidak akan mungkin dicapai dengan menempuh cara-cara membungkam keberagaman.

Sedangkan harmoni hanya bisa diraih ketika hak-hak asasi setiap warga negara dipenuhi, dan setiap kelompok bebas dari segala bentuk diskriminasi dan tindakan intoleran. Oleh sebab itu dalam hal ini pluralisme dan hak asasi manusia adalah dua hal yang tidak terpisahkan untuk mencapai cita-cita serta tujuan negara. (Ahmad Rosyidi/Abdullah Alawi)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG