Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Sambut Sya'ban, Fatayat NU Bae Gelar Kirab Seribu Apem

Sambut Sya'ban, Fatayat NU Bae Gelar Kirab Seribu Apem

Kudus, NU Online
Menyambut datangnya bulan Sya'ban, ratusan warga desa Pedawang dari pelbagai elemen mengikuti acara Kirab Seribu Apem yang dimomtori Fatayat NU kecamatan Bae kabupaten Kudus, Jum'at (30/5) siang. Dalam upacara ini, warga melakukan arak-arakan mengelilingi desan setempat yang dimulai usai Jum'atan.
<>
Sejak pukul 13.00  mereka yang terdiri atas anak-anak, remaja hingga orang tua rela berpanas-panasan menunggu proses kirab gunungan seribu apem tersebut. Kirab yang dilepas Camat Bae Abdul Halil ini mengambil lapangan desa setempat sebagai titik tolak dan titik akhir arak-arakan.

Ratusan warga juga tampak menonton kirab budaya yang baru pertama kali digelar. Mereka berjubel di sepanjang jalan yang dilalui mulai awal hingga akhir acara.

Ketua Fatayat NU Bae Siti Nafisatun mengatakan, Kirab Seribu Apem ini merupakan bentuk pelestarian budaya dan mewujudkan media syiar religi. “Kegiatan budaya semacam ini bukan hanya menjadikan simbol tradisi melainkan menjaga budaya supaya tidak terkikis zaman,” katanya.

Nafisatun yang juga guru MANU Banat Kudus menjelaskan, kirab ini digelar untuk mengingatkan warga akan datangnya bulan Sya’ban sebagai momentum untuk mengharap ampunan.

Camat Bae Abdul Halil sebelum melepas kirab mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutannya, Halil berharap upacara ini diadakan setiap tahun karena mengandung nilai budaya yang positif. (Qomarul Adib/Alhafiz K)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya