IMG-LOGO
Daerah

Siswa MA Al-Muayyad Gelar Pembelajaran di Luar Kelas

Selasa 17 Juni 2014 18:1 WIB
Bagikan:
Siswa MA Al-Muayyad Gelar Pembelajaran di Luar Kelas

Solo, NU Online
Pelajar kelas X dan XI Madrasah Aliyah Al-Muayyad mengadakan studi banding ke Universitas Sains Qur’an (UNSIQ) Wonosobo dan sejumlah lokasi di Jawa Tengah, Ahad (15/6). Pembelajaran di luar kelas ini dilangsungkan usai pelaksanaan ujian semester genap.
<>
“Para siswa juga berziarah ke makam Mbah Parak dan Mbah Muhaiminan di Temanggung dan ke makam Gunungpring Magelang serta menyempatkan untuk ke Telaga Warna Dieng,” ujar salah seorang pengurus yang ikut mendampingi siswa MA Al-Muayyad, Khoiruddin kepada NU Online, Senin (16/6).

Lebih lanjut Khoiruddin menjelaskan, belajar terbaik adalah belajar dari pengalaman. Karenanya para siswa diajak untuk terjun langsung ke tempat-tempat yang relevan dengan pembelajaran di MA Al-Muayyad.

“Tujuannya tidak lain agar mereka mengetahui secara langsung kegiatan di tempat tersebut,” sambung Khoiruddin.

Dengan metode seperti ini, para pelajar tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari penjelasan guru atau buku referensi. Lebih dari itu, mereka dapat mengamati, merasakan, dan melakukan secara langsung aktivitas-aktivitas yang menjadi obyek pelajaran di kelas.

Metode pembelajaran di luar kelas ini dianggap sebagai metode belajar yang menyenangkan. Metode ini cukup efektif mengajarkan siswa untuk lebih dekat dengan lingkungan. Dengan mengikuti ini, siswa diharapkan lebih arif dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kulturalnya, tandas Khoiruddin. (Ahmad Rosyidi/Alhafiz K)

Bagikan:
Selasa 17 Juni 2014 22:12 WIB
Bazar IPNU Ramaikan Wisuda Santri Madin Mambaul Ulum
Bazar IPNU Ramaikan Wisuda Santri Madin Mambaul Ulum

Brebes, NU Online
Bazar buku yang digelar Pelajar NU Ranting Klampis Jatibarang Brebes diserbu ratusan anak dan wali santri saat wisuda santri Mambaul Ulum desa setempat. Pengunjung berebut membeli buku-buku bacaan dan buku tulis guna persiapan tahun pelajaran 2014/2015.
<>
“Selain bazar, juga ada pojok buku yang disediakan untuk sebagai tambahan ilmu bagi santri,” tutur Ketua PR IPNU Klampis Sandy di sela kegiatan Selasa (17/6/14).

Andy menjelaskan, bazaar tidak hanya berupa buku tetapi juga baju muslim, hijab, asesoris, minuman ringan dan lain-lain. “Hasil bazaar akan diserahkan kepada anak-anak yatim yang disalurkan oleh Langit Yatim,” tutur Sandy.

Selain bazaar, lanjutnya, IPNU-IPPNU Ranting Klampis bekerja sama dengan Langit Yatim akan mengadakan kegiatan bersama berupa  saat Ramadhan tahun ini akan menggelar Sahur On The Road dan buka puasa bersama anak Yatim. “Kami sudah mempersiapkan kerja sama dengan IPNU-IPPNU Ranting Klampis,” tambah Pengasuh Langit Yatim Fitria Nur Janah.

Wisuda diikuti 25 santri, namun ratusan santri turut mengikuti pawai taaruf dengan rela berpanas panasan mengiringi para wisudawan. Wisuda dilanjutkan dengan pengajian imtihan yang diisi oleh KH Mustahid dari Kota Tegal. (wasdiun/abdullah alawi)

Selasa 17 Juni 2014 20:6 WIB
PMII UIN Bandung Buka Bimtes Calon Mahasiswa
PMII UIN Bandung Buka Bimtes Calon Mahasiswa

Bandung, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia UIN Sunan Gunung Djati Bandung membuka layanan bimbingan tes bagi calon mahasiswa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, layanan bimtes kali juga memberikan sejumlah materi Aswaja NU kepada peserta selain pelatihan jawab soal.
<>
Ketua PK PMII UIN Bandung, Pengkuh Bina mengatakan kegiatan bimtes bertujuan membantu peserta agar dapat lolos tes, sekaligus kaderisasi dan mentransfer ideologi Aswaja NU.

“Kegiatan bimtes ini juga untuk mempertegas peran seutuhnya mahasiswa,” kata Pengkuh di stand Bimtes PMII kepada NU Online, Selasa (17/6) siang.

Kaderisasi yang dimaksud, kata Pengkuh, berisi pengenalan antropologi kampus, agar nantinya mahasiswa tidak apatis dengan realitas yang ada.

Kepanitiaan bimtes senidiri dibentuk pengurus Rayon PMII. Lalu ketika nanti hari-H, para peserta bimtes akan diberikan arahan dan modul kisi-kisi soal yang nanti akan diujikan pada tes jalur Ujian Mandiri (UM) pada Juli mendatang.

Mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) semester 8 ini berharap mahasiswa baru nanti menjadi kader yang loyal. Karena orang yang dapat menentukan loyalitas dan totalitasnya akan menentukan masa depannya.

“Saya juga berharap kader-kader nanti mengetahui kultur-kultur ke-PMIIan, sehingga bisa menggerakkan Islam Indonesia,” tegasnya. (M Zidni Nafi’/Alhafiz K)

Selasa 17 Juni 2014 19:2 WIB
PCNU Jember Fokus Dirikan Pabrik Air Mineral
PCNU Jember Fokus Dirikan Pabrik Air Mineral

Jember, NU Online
Setelah susunan baru terbentuk, segenap PCNU Jember kini menggarap program-program pemberdayaan umat. Mereka menjalankan amanah konferensi NU Jember beberapa waktu untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan di mana pabrik air mineral sebagai program utama.
<>
Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin yang lazim disapa Gus A’ab, gerakan ekonomi kerakyatan merupakan salah satu prioritas program yang direkomendasi Konfercab. “Untuk itu, kami telah sepakat untuk mendirikan pabrik air mineral dalam periode ini,” tuturnya di kantor NU Jember, Senin (16/6).

Menurut Gus A’ab, produksi air mineral ini akan melibatkan setiap MWCNU. Paling tidak, pabrik ini menjadi “hulu” dari usaha air isi ulang yang bakal didirikan di setiap MWCNU.

“Di samping itu, produknya akan dipasarkan secara bebas lewat jaringan yang ada, misalnya pesantren,” ucapnya.

Ia menunjukkan keyakinannya dengan prospek pabrik air mineral jika dikelola secara profesional. Gus A’ab menyebut sejumlah keberhasilan usaha air.Sejauh ini, kata Gus A’ab, beberapa pesantren sudah memasarkan air mineral dalam kemasan yang diproduksi sendiri misalnya pesantren Sidogiri Pasuruan dan pesantren Al-Qodiri Jember.

“Selain itu, sesuai dengan rekomendasi Konfercab, kami juga didorong untuk membuat rumah sakit. Paling tidak, poli kesehatan yang asli punya NU. Insya Allah kalau kita profesional, tidak sulit mencari investor,” jelasnya. (Aryudi A Razaq/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG