IMG-LOGO
Daerah

Pesantren An-Nawawi Gelar Tradisi Pengajian Kilatan


Senin 30 Juni 2014 17:03 WIB
Bagikan:
Pesantren An-Nawawi Gelar Tradisi Pengajian Kilatan

Purworejo, NU Online
Pengasuh pesantren An-Nawawi KH Achmad Chalwani membuka pengajian kitab khusus yang biasa disebut Pasanan atau Kilatan sepanjang Ramadhan di kompleks pesantrennya, Berjan, Purworejo. Pengajian Kilatan ini rutin digelar pesantren An-Nawawi asuhan Mursyid Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah itu setia Ramadhan.
<>
Saat ditemui saat acara pembukaan Kilatan pada Ahad (29/6) malam, Ketua panitia M Lutfi mengatakan, “Ramadhan itu bulan penuh berkah. Karenanya, pesantren An-Nawawi menjadikan pengajian Kilatan sebagai bagian tak terpisahkan dari bulan Ramadhan.”

Kilatan pada Ramadhan ini diikuti sejumlah 1525 santri baik putra maupun putri. Mereka terdiri dari satri An-Nawawi sendiri dan santri tamu dari berbagai daerah. Mereka akan mengaji hingga 21 Ramadhan.

Dalam Kilatan, ustadz dan ustadzah mengajarkan sedikitnya 30 kitab oleh . Luthfi menyebutkan sejumlah kitab itu antara lain kitab Jawahirul Bukhori (hadis), Ta’lim al-Muta’alim (Akhlak), Tafsir Jalalain (Tafsir), I’anat at-Tholibin (Fiqh).

Kiai Chalwani sendiri mengampu Jawahirul Bukhori setiap ba’da Tadarus al-Quran dan Ta’lim al-Muta’alim karangan Syeh Zarnuji ba’da Magrib. Pesantren membebaskan santri An-Nawawi memilih kitab yang akan dipelajari sejauh tidak berbenturan dengan jadwal wajib pengajian kitab mereka. (Mukti Ali/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG