::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

LAZISNU Rembang Fokus Himpun Zakat Mal

Rabu, 09 Juli 2014 11:02 Daerah

Bagikan

LAZISNU Rembang Fokus Himpun Zakat Mal

Rembang, NU Online
Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Rembang, Jawa Tengah, mulai Selasa (8/7) menghimpun zakat untuk disalurkan mereka yang berhak di Kabupaten Rembang. Rencananya, zakat yang terkumpul akan dibagikan menjelang lebaran 1 Syawal 1435 H atau 28 Juli 2014.
<>
Hal itu dikatan Ketua PC LAZISNU Kabupaten Rembang KH Muslih Musthofa, Selasa (8/7). Menurutnya, zakat yang dibagikan merupakan sejenis zakat mal, bukan zakat fitrah. Sejauh ini, tambah Muslih, pihaknya sudah mempunyai data riil mengenai para muzakki (orang yang wajib membayar zakat).

"Sebagian masih dalam pendekatan. Mengenai jumlah zakat yang kita kumpulkan memang kian bertambah dari tahun ke tahun. Kami terpaksa mendatangkan para pengurus dari berbagai wilayah pinggiran Rembang Kota untuk membantu mengumpulkan dan pendistribusian zakat itu sendiri,” ujarnya.

Mengenai zakat fitrah, Muslih Musthofa menjelaskan kebanyakan masyarakat menyalurkan zakat kepada panitia zakat atau amil zakat dari tingkat desa. Ada pula menyalurkannya secara langsung kapada yang wajib menerima zakat.

"Kalu zakat fitrah, kami jarang, pasalnya sebagian besar masyarakat sudah mengumpulkan kepada panitia zakat dari tingkat desa. Tatapi jika memang ada yang ingin menyalurkan zakat melalui LAZISNU kami juga mempersilahkan,” imbuhnya.

Untuk tahun ini, Muslih mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan pengumpulan zakat agar jumlah penerima setiap tahun bertambah. Pada tahun lalu, jelasnya, pihaknya mendapatkan zakat berupa uang.

“Jumlahnya mencapai delapan puluh satu juta rupiah. Yang disalurkan kepada masyarakat yang memang layak untuk menerima zakat, meski baru mencakup wilayah Kecamatan Rembang Kota,” terangnya.

LAZISNU Rembang tahun ini menargetkan zakat berupa uang bisa terkumpul hingga Rp 100 juta. Muslih juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui LAZISNU Rembang. (Ahmad Asmu'i/Mahbib)