Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Selama Ramadhan Yayasan Kodama Distribusikan 90 Dai ke 30 Desa

Selama Ramadhan Yayasan Kodama Distribusikan 90 Dai ke 30 Desa

Bantul, NU Online
Yayasan Kodama Yogyakarta (YKY) kembali mendistribusikan dai pada Ramadhan kali ini untuk mengisi shalat tarawih serta kultum shalat subuh serta kultum takjilan. Sebanyak lebih dari 90 dai disebar ke 30 desa yang sebagian besar berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
<>
YKY termasuk lembaga dakwah yang bergiat sejak tahun 1960-an. Ketika itu, KH Ali Maksum, sang pengasuh, menggerakkan para santri Krapyak untuk berdakwah di berbagai desa se-DIY. Sejak tahun 1982, Kodama kemudian menjadi yayasan di bawah kepemimpinan almarhum KH Muhammad Hasbullah.

Ketua panitia dai Ramadhan Muhammad Zaky mengatakan, selain memberi wawasan kepada masyarakat tentang keislaman, kegiatan ini sekaligus menjadi ajang latihan para santri terjun ke masyarakat untuk menerapkan ilmu mereka baik dari pondok ataupun bangku kuliah.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang di adakan oleh kodama dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan,” katanya di Sekretariat YKY, Ahad (6/7).

Menurut Bahrudin Sekretaris Yayasan Kodama, melalui program ini para santri tengah menularkan ilmunya kepada para jamaah secara luas. “Mereka (santri) juga bisa mengisi kegiatan mereka dengan mengikuti agenda kodama, dari pada nganggur dan tidur saja,” tuturnya. (Ahmad Syaefudin/Mahbib)

BNI Mobile