IMG-LOGO
Daerah

Warga Binjai Rayakan Kenduri Ketupatan

Rabu 16 Juli 2014 16:59 WIB
Bagikan:
Warga Binjai Rayakan Kenduri Ketupatan

Binjai, NU Online
Warga Binjai, Sumatera Utara, punya tradisi menggelar kenduri ketupatan setelah puasa Ramadhan berjalan melewati 15 hari.<>

Seorang warga Kelurahan Sumber Karya, Kota Binjai, Mahruzar, menuturkan, warga menghidangkan ketupat untuk disantap usai doa syukuran telah 15 hari berpuasa Ramadhan.

"Hampir seluruh warga di lingkungan membuat sarang ketupat di rumah masing-masing," katanya.

Warga membuat sendiri sarang ketupat dengan menganyam daun kelapa muda atau janur lalu mengisinya dengan beras ketan untuk dimasak.

Ketupat-ketupat yang sudah masak selanjutnya dibawa ke masjid dan dikumpulkan dengan ketupat warga yang lain untuk dihidangkan pada acara kenduri ketupatan usai shalat tarawih.

Sebelum makan ketupat, warga mengucap syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT dan berdoa supaya bisa berpuasa sampai Ramadhan usai dan bertemu dengan Ramadhan selanjutnya.

"Ini sudah menjadi tradisi warga di sini," kata Mahruzar. (antara/mukafi niam)

Bagikan:
Rabu 16 Juli 2014 23:14 WIB
Peringati Nuzulul Qur’an, Al-Khoir NU Sumberrejo Santuni Yatim
Peringati Nuzulul Qur’an, Al-Khoir NU Sumberrejo Santuni Yatim

Bojonegoro, NU Online
Memperingati Nuzulul Qur’an, Yayasan Panti Asuhan Yatim dan Dzuafa’ Al-Khoir Nahdlatul Ulama (YPAYD Al-Khoir NU) Kecamatan Sumberrejo menggelar doa bersama dan santunan kepada anak yatim pada Selasa (15/07).
<>
Kegiatan atas kerja sama dengan Kantor cabang Pembantu Bank Syariah Mandiri (KCP BSM) Sumberrejo Bojonegoro tersebut merupakan program rutin dilakukan BSM melalui LAZNAS-nya. “Bersama Yayasan Al-Khoir NU, kegiatan ini sudah terlaksana untuk yang kedua kalinya sejak BSM KCP Sumberrejo hadir di kecamatan peraih Adiwita ini,” tutur Ridwan Pimpinan kantor BSM KCP Sumberrejo.

Kegiatan yang dipusatkan di gedung TK Nurul Umah kompleks Masjid Jami’ Walisongo desa Sumuragung ini berlangsung khusuk dan teratur. Nampak hadir puluhan anak yatim beserta pendampingnya mengahadiri kegiatan yang dimulai pukul 16.00 tersebut. Selain itu hadir juga seluruh staff BSM KCP Sumberrejo mulai dari jajaran Teller sampai satuan pengamanan (satpam).

Kegiatan yang ditutup dengan buka bersama dan pembagian bingkisan serta shalat maghrib secara berjamah  ini diawali dengan pembacaan Shalawat Nariyah dan Shalawat Anwar oleh salah satu anak yatim, Ragil Erni. Anak berusia 4 tahun yang belakangan ini hanya hidup bersama ibunya membawakan shalawat dengan merdu. Salah satu siswa yang memiliki bakat suara indah ini merupakan siswa dari MINU Walisongo.

“Kami memang patut bersyukur karena mendapat giliran menyantuni anak-anak yatim ini bersama BSM KCP Sumberrejo,” tutup Mariyanto perwakilan pengurus Yayasan Al-Khoir NU tersebut. (Satria Amilina/Abdullah Alawi)

Rabu 16 Juli 2014 21:0 WIB
Bersilaturahim, Pelajar NU Makassar Doakan Palestina
Bersilaturahim, Pelajar NU Makassar Doakan Palestina

Makassar, NU Online
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kota Makassar mengadakan kegiatan bertajuk silaturahim, buka puasa dan doa bersama di Gedung Ma’arif Centre Makassar pada Selasa (15/7).
<>
Ketua PC IPNU Makassar Muh. Nur mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahim antar pelajar NU, yaitu kader IPNU dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se-Kota Makassar yang dibungkus pada buka puasa bersama.

Pada kesempatan itu para pelajar NU berdoa bersama sebagai bentuk aksi solidaritas untuk rakyat Palestina yang sedang mengalami kekejaman militer Israel.

Hadir dalam kegiatan ini ratusan kader IPNU-IPPNU mulai dari jajaran Pengurus Pimpinan Wilayah IPNU Sulawesi Selatan, pengurus IPNU-IPPNU Kota Makassar, Pengurus Anak Cabang serta Pengurus Komisariat. (Red: Abdullah Alawi)
 

Rabu 16 Juli 2014 20:9 WIB
Kemenag Brebes Santuni Yatim Piatu
Kemenag Brebes Santuni Yatim Piatu

Brebes, NU Online
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes memberikan santunan kepada ratusan anak yatim piatu penghuni panti asuhan. Pemberian santunan sebagai bentuk kepedulian kepada anak-anak yatim.
<>
“Kami ingin saling berbagai dan ingin meminta doa dari anak yatim,” tutur Kepala Kemenag Kab Brebes Drs H Imam Hidayat MPdI di sela pemberian santunan, di aula Kantor Kemenag Brebes, Selasa (15/7/14).

Menurut Imam, doa anak yatim sangat makbul. Untuk itu, dia berharap dari mereka agar segenap keluarga besar Kemenag Brebes mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, bisa bekerja dengan baik dan benar, mendapatkan rezeki yang melimpah dan halal. “Kami hanya berharap doa dari anak-anak yatim ini,” kata Imam.

Sebelumnya, para anak yatim diajak berbuka puasa bersama dan shalat maghrib berjamaah, mereka juga diajak berdiskusi dan menyampaikan taushiyah Ramadhan serta menjawab berbagai pertanyaan dari Kepala Kemenag, Kasubag TU dan para Kepala Seksi. “Bagi yang bertanya dan berani tampil kami beri hadiah,” tutur H Makmur MPdI selaku panitia penyelenggara.

Santunan diberikan kepada 100 anak yatim menghuni panti asuhan Putra Muslimat Kauman Brebes, panti asuhan Muhammadiyah Pasarbatang dan panti asuhan Darul Nadlonal Gamprit Brebes. “Meskipun besarnya santunan kecil, tapi mudah-mudahan bernilai tinggi sebagai bentuk kepedulian kami,” tambah Makmur.

Ahmad, salah seorang penghuni panti merasa gembira mendapatkan santunan dari Kemenag. Karena perhatian dari instansi menjelang hari raya dan tahun pelajaran baru sangat meringankan beban dirinya. “Ya, Alhamdulillah bisa buat beli buku baru,” tuturnya.

Selain pemberian santunan, Kemenag juga memberikan bantuan Al-Qur’an, ruku, sarung, mukena untuk 34 masjid di 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes. Pemberian bantuan diserahkan pada saat Safari Ramadhan bersama Bupati Brebes dan Forkompinda. “Minimal, di masjid tersebut tersedia Al-Qur’an, sarung dan mukena untuk memfasilitasi para musafir yang hendak beribadah shalat,” terangnya. (wasdiun/abdullah alawi)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG