::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

BAZ Brebes Gelontorkan Zakat Rp 594 Juta

Senin, 21 Juli 2014 12:01 Daerah

Bagikan

Brebes, NU Online
Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendistribusikan zakat sebesar Rp 594 juta kepada para fakir miskin se-Kabupaten Brebes. Penggelontoran ini dilakukan untuk membantu kaum dhuafa menjelang hari Raya Idhul Fitri, sehingga bisa sedikit meringankan beban hidup ekonomi yang dihadapinya.
<>
Hal tersebut disampaikan Ketua BAZ Kabupaten Brebes H Zaenal Arifin melalui Sekretaris BAZ H Akrom Jangka Daosat MSi di kantor BAZ Jalan Ahmad Yani Brebes, Ahad (20/7).

Menurut Akrom, kegiatan pentasharufan zakat dilakukan setiap tahun menjelang hari Raya Idhul Fitri. Dengan harapan bisa sedikit membahagiakan kaum dhuafa menikmati hari kemenangan. “Program pendistribusian zakat ini sudah menjadi agenda tahunan rutin,” terangnya.

Zakat yang dibagikan sebesar Rp 594 juta untuk 5.940 orang fakir miskin di 17 Kecamatan  se-Kabupaten Brebes. Tiap desa mendapatkan alokasi untuk 20 orang dengan besaran Rp 100 ribu per orang. “Meskipun nilainya kecil, tapi mudah-mudahan bisa menjadi besar manfaatnya,” tuturnya.

Pendistribusian akan dilakukan secara marathon mulai 22-24 Juli 2014 di Kantor Kecamatan masing-masing. Petugas distribusi akan dibagi menjadi tiga tim. Sehingga bisa selesai selama tiga hari tersebut. “Siapa saja yang berhak menerima, atas usulan dari Kepala Desa masing-masing. Kami yakin, Kepala Desa atau Lurah mengetahui secara langsung masyarakat mana yang lebih berhak menerima zakat ini,” terangnya.

Potensi zakat Kabupaten Brebes, lanjutnya, sebenarnya sangat tinggi. Dari zakat yang dihimpun dari para PNS saja mencapai Rp 1,5 Milyar per tahun. Tentu akan sangat besar kalau masyarakat umum juga menyalurkan zakatnya ke BAZ di Jalan Ahmad Yani Brebes. Amil dengan transparan akan mendistribusikan secara real dan transparan kepada delapan asnap yang benar-benar berhak menerima. “Mari salurkan zakat anda ke BAZ sebagai satu-satunya badan resmi pemerintah yang mengelola zakat,”  pungkasnya. (Wasdiun/Mahbib)