IMG-LOGO
Daerah

BAZ Brebes Gelontorkan Zakat Rp 594 Juta

Senin 21 Juli 2014 12:1 WIB
Bagikan:
BAZ  Brebes Gelontorkan Zakat Rp 594 Juta

Brebes, NU Online
Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendistribusikan zakat sebesar Rp 594 juta kepada para fakir miskin se-Kabupaten Brebes. Penggelontoran ini dilakukan untuk membantu kaum dhuafa menjelang hari Raya Idhul Fitri, sehingga bisa sedikit meringankan beban hidup ekonomi yang dihadapinya.
<>
Hal tersebut disampaikan Ketua BAZ Kabupaten Brebes H Zaenal Arifin melalui Sekretaris BAZ H Akrom Jangka Daosat MSi di kantor BAZ Jalan Ahmad Yani Brebes, Ahad (20/7).

Menurut Akrom, kegiatan pentasharufan zakat dilakukan setiap tahun menjelang hari Raya Idhul Fitri. Dengan harapan bisa sedikit membahagiakan kaum dhuafa menikmati hari kemenangan. “Program pendistribusian zakat ini sudah menjadi agenda tahunan rutin,” terangnya.

Zakat yang dibagikan sebesar Rp 594 juta untuk 5.940 orang fakir miskin di 17 Kecamatan  se-Kabupaten Brebes. Tiap desa mendapatkan alokasi untuk 20 orang dengan besaran Rp 100 ribu per orang. “Meskipun nilainya kecil, tapi mudah-mudahan bisa menjadi besar manfaatnya,” tuturnya.

Pendistribusian akan dilakukan secara marathon mulai 22-24 Juli 2014 di Kantor Kecamatan masing-masing. Petugas distribusi akan dibagi menjadi tiga tim. Sehingga bisa selesai selama tiga hari tersebut. “Siapa saja yang berhak menerima, atas usulan dari Kepala Desa masing-masing. Kami yakin, Kepala Desa atau Lurah mengetahui secara langsung masyarakat mana yang lebih berhak menerima zakat ini,” terangnya.

Potensi zakat Kabupaten Brebes, lanjutnya, sebenarnya sangat tinggi. Dari zakat yang dihimpun dari para PNS saja mencapai Rp 1,5 Milyar per tahun. Tentu akan sangat besar kalau masyarakat umum juga menyalurkan zakatnya ke BAZ di Jalan Ahmad Yani Brebes. Amil dengan transparan akan mendistribusikan secara real dan transparan kepada delapan asnap yang benar-benar berhak menerima. “Mari salurkan zakat anda ke BAZ sebagai satu-satunya badan resmi pemerintah yang mengelola zakat,”  pungkasnya. (Wasdiun/Mahbib)

Bagikan:
Senin 21 Juli 2014 23:21 WIB
Pecinta Lingkungan Gelar Santunan Yatim dan Orang Jompo
Pecinta Lingkungan Gelar Santunan Yatim dan Orang Jompo

Majalengka, NU Online
Komunitas pecinta lingkungan desa Mirat kecamatan Leuwimunding kabupaten Majalengka menginisiasi kegiatan silaturahmi Ramadhan yang melibatkan pelajar, santri, mahasiswa, dan pemuda setempat. Mereka dalam silaturahmi ini rencanya akan menyerahkan  santunan kepada anak yatim dan warga jompo di balai desa Mirat, Rabu (23/7) sore.
<>
Acara yang dikemas  dalam buka puasa bersama ini akan dihadiri sedikitnya 100 warga yang juga turut hadir tokoh masyarakat, para kiai, dan aparat desa setempat.

Ketua pelaksana Didin Mahfudin mengatakan, kegiatan ini merupakan konsolidasi bagi pemuda setempat untuk merumuskan gagasan ke depan. “Kita ingin mengakomodasi kreativitas dan potensi para pemuda desa Mirat sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan desa.”

Sementara Pembina komunitas pecinta lingkungan ini, Yudi berharap agar langkah ini menghasilkan perubahan pesitif ke depan. “Para pemuda mesti diberikan ruang dalam berkreativitas sehingga kegiatan mereka berdampak positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat.”

Kegiatan ini digagas oleh forum silaturahmi pelajar,santri, dan mahasiswa di desa Mirat. Sementara penyampai taushiyah Ramadhan akan disampaikan kiai setempat, KH Solihin. (Aris Prayuda/Alhafiz K)

Senin 21 Juli 2014 22:8 WIB
Pelantikan Mepet, GP Ansor Jatibarang Gelar Rapat Maraton
Pelantikan Mepet, GP Ansor Jatibarang Gelar Rapat Maraton

Brebes, NU Online
Sejumlah pengurus anak ranting dan anak cabang GP Ansor Jatibarang yang bertanggung jawab sebagai panitia pelantikan Ahad (20/7) malam mengadakan rapat pemantapan jelang pelantikan pengurus baru GP Ansor Jatibarang pada 9 Agustus mendatang. Mereka menentukan sejumlah persiapan di tengah waktu yang semakin mendesak.
<>
Persiapan ini ditentukan sejak dini mengingat kesibukan di hari raya Idul Fitri. Menurut humas panitia pelantikan GP Ansor Jatibarang Hadi Mulyanto, rapat maraton ini memang sengaja dilaksanakan guna mengonsolidasi antarpanitia sehingga akan diketahui sejauh mana persiapan panitia sejauh ini.

“Di samping konsolidasi, rapat ini juga melihat kesempatan dimiliki panitia di mana panitia mempunyai waktu efektif seminggu sehingga panitia harus kerja lebih ekstra,”kata Hadi di lokasi rapat di kediaman Ketua GP Ansor Jatibarang Ustadz Jazuli Purnomo, tepat di belakang Balai Desa Janegara Kecamatan Jatibarang.

Menurut laporan segenap seksi-seksi panitia, persiapan pelantikan sudah mencapai 75% penyelesaian. Ketua Panitia Ali Mursidi berharap, semuanya selesai mendekati hari H.

Sementara Ustadz Jazuli Purnomo menyampaikan terima kasihnya kepada kader Ansor yang berkenan hadir dan mau berjuang untuk kepentingan Ansor. Ia berharap, semoga ke depan Ansor Jatibarang bertamah maju. (Red. Alhafiz K)

Senin 21 Juli 2014 21:3 WIB
Indonesia Moslem Fashion Week 2014 Digelar di Bandung
Indonesia Moslem Fashion Week 2014 Digelar di Bandung

Bandung, NU Online
Kota Bandung menjadi tuan rumah dari pagelaran "Indonesia Moslem Fashion Week 2014" (IMFW-2014) atau Pekan Busana Muslim Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Juli ini.
<>
"Gelaran IMFW 2014 yang mengusung tema 'From Indonesia to The World' itu memiliki cita-cita menjadi kiblat fashion Muslim dunia di masa depan," kata Pimpinan Penyelenggara IMFW 2014, Pradito Rukmana, di Bandung, Ahad.

Ia mengatakan IMFW yang memasuki hari terakhir itu menghadirkan karya terbaru dari 28 desainer busana muslim Indonesia, sekaligus menampilkan "fashion show", "hijab class", dan "talkshow" dari beberapa ikon hijab Indonesia.

"Momennya juga sesuai karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, kini hijab sudah menjadi gaya hidup," kata Pradito.

Menurut dia, acara ini berbeda dari ajang serupa lainnya yakni hadirnya sejumlah penyanyi yang tampil pada mini concert. Para penampil akan mengiringi parade busana dan membawakan lagu sesuai dengan tema fashion show.

"Penyanyi yang hadir mengisi acara antara lain Tulus, Hivi, Laluna, Noura, Twenty dan lainnya," katanya.

Selain menampilkan karya 28 desainer busana Muslim, seperti Dian Pelangi, Jenahara, Ria Miranda, Ria Baraba, Ghaida, dan lainnya, tersedia pula 78 talent yang ikut menampilkan karyanya.

Adanya "booth-booth" juga menjadi daya tarik karena sebagian diisi merek-merek fashion dari sejumlah sosialita, sepeti Acha Septriasa, Irfan Hakim, Zaskia Adya Meca, Nuri Maulida dan lainnya. (antara/mukafi niam)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG