Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Mahasiswa Harus Jaga Integritas Keilmuan

Mahasiswa Harus Jaga Integritas Keilmuan

Jombang, NU Online
Orientasi bagi mahasiwa baru di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan Jombang Jawa Timur akan dilangsungkan bulan depan. Sejumlah persiapan telah dilakukan demi kemunculan mahasiswa dan sarjana ideal seperti diharapkan.
<>
Untuk itu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berkerja sama dengan pimpinan Unipdu telah mempersiapkan formula yang akan disajikan pada Oscar atau Orientasi Studi dan Cinta Almamater. “Kita ingin ribuan mahasiswa yang menentukan pilihan di kampus kami, memiliki persepsi yang sama perihal kampus ini,” tandas Presiden BEM Unipdu, Luthfi Riyadi kepada NU Online (18/8).

“Yang ingin ditekankan pada masa Oscar adalah lahirnya para mahasiswa yang memiliki kompetensi secara keilmuan serta mampu menerjemahkan kemampuannya dalam tataran yang lebih nyata,” tandas Luthfi. Demikian yang juga tidak kalah penting adalah mereka bisa menampilkan diri sebagai mahasiswa dan sarjana yang memiliki basis intelektualitas, lanjutnya.

Karena berdasarkan evaluasi yang dilakukan kampus, telah banyak alumni Unipdu yang  berkiprah di sektor sosial dengan menjadi politisi, pegiat masyarakat dan sebagainya. “Yang dirasa kurang adalah para mahasiswa dan sarjana yang mampu memperkuat sisi keilmuan sehingga mampu menampilkan sosok yang bisa berdialog dengan masyarakat dengan intelektualitas yang mumpuni,” terangnya.

Kemunculan para politisi, pekerja sosial, pelaku usaha yang tidak dibalut dengan integritas keilmuan, maka yang muncul adalah mereka yang hanya aji mumpung dan terkesan mengecewakan komunitasnya. “Karena itu diharapkan selama satu minggu dalam pelaksanaan Oscar, para calon mahasiswa baru dapat ditanamkan pentingnya konsistensi dalam menjaga intelektualitas tersebut,” ungkap mahasiswa Fakultas Agama Islam ini.

Luthfi tidak terlalu resah dengan kiprah para sarjana usai merampungkan studi di Unipdu. Dengan sejumlah fakultas dan program studi yang ditawarkan kampus, mereka nantinya diyakini akan bisa membuat lapangan kerja baru maupun bergabung di perusahaan dan instansi. “Justru nilai lebih yang akan ditawarkan para alumnus kampus ini adalah mereka bisa menjaga integritas keilmuan yang ada,” katanya.

Sejumlah narasumber telah disiapkan dalam rangkaian Oscar ini. Tidak semata para aktifis dan pimpinan fakultas serta perguruan tinggi, juga para praktisi yang memang memiliki rekam jejak membanggakan. Para pegiat usaha yang mempunyai prospek baik juga diundang untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. “Para narasumber ini diharapkan mampu memberikan pandangan bagi mahasiswa akan tantangan nyata saat keluar dari kampus dan menjadi sarjana,” tandas Luthfi.

Unipdu yang berada di area Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang ini membuka sejumlah fakultas dengan berbagai program studi (prodi). Fakultas Agama Islam membawahi prodi Ahwal Asy-Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, serta PGMI. Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi keperawatan, kebidanan dan ilmu keperawatan. Sedangkan Bahasa dan Satra memiliki Prodi Bahasa Jepang, Sastra Inggris, serta Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Teknik dengan Sistem Informatika, MIPA yang meliputi Pendidikan Matematika dan Matematika. Fakultas Ilmu Administrasi dengan konsentrasi Ilmu Administrasi Bisnis, serta Program Pasca Sarjana dengan keahlian Menejemen Pendidikan Islam. (Syaifullah/Alawi)

BNI Mobile