Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Pemkab-MUI Probolinggo Sosialisasikan Penyembelihan Halal

Pemkab-MUI Probolinggo Sosialisasikan Penyembelihan Halal

Probolinggo, NU Online
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, Jum’at (5/9) melakukan sosialisasi penyembelihan hewan halal menurut syariat Islam dan sesuai kaidah kesejahteraan hewan.
<>
Tahun 2014, sosialisasi halal ini dilakukan di empat lokasi, Kecamatan Pakuniran, Leces, Krejengan, Paiton, Pajarakan dan Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan. Sosialisasi diberikan kepada para pemotong hewan baik unggas maupun sapi dan petugas penyembelih hewan kurban.

“Sosialisasi halal ini dilakukan karena sering ditemukan proses penyembelihan hewan yang tidak sempurna dan perilaku kasar terhadap hewan yang akan disembelih,” ujar Kepala DPKH Endang Sri Wahyuni.

Endang menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tata cara penyembelihan hewan menurut syariat Islam dan sesuai kaidah kesejahteraan hewan.

“Sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada para pemotong hewan agar melakukan pemotongan sesuai dengan syariat Islam dan kaidah kesejahteraan hewan,” harapnya.

Lebih lanjut Endang menambahkan, banyak manfaat yang didapat jika hewan yang disembelih sesuai dengan syariat Islam.

“Daging yang beredar itu halal dan berkualitas baik. Jika hewan diperlakukan dengan baik dan tidak stres maka akan berpengaruh kepada kualitas daging. Sosialisasi ini digelar untuk memberikan kepuasan batin agar masyarakat tidak waswas lagi dalam membeli daging di pasar,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH. Syihabuddin Sholeh mengungkapkan bahwa sosialisasi penyembelihan halal ini sangat penting dilakukan agar hewan yang disembelih benar-benar halal sesuai dengan syariat agama Islam.

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini penyembelihan hewan dapat dilakukan dengan baik dan benar. Sehingga tidak ada rasa was-was dari masyarakat terkait legalitas halal dari hewan yang disembelih,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi halal ini, para peserta mendapatkan materi Tata Cara Menyembelih Sesuai Sunnah oleh MUI Kabupaten Probolinggo dan Penerapan Kaidah Kesejahteraan Hewan (Kesrawan) Pada Proses Pemotongan Hewan oleh DPKH Kabupaten Probolinggo. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya