Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Perlunya Integritas dan Ketegasan Berantas Kejahatan Korupsi

Perlunya Integritas dan Ketegasan Berantas Kejahatan Korupsi

Solo, NU Online
Masyarakat perlu berperan aktif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Untuk mengawal penegakan hukum tindak kejahatan korupsi, masyarakat perlu membuat sebuah pakta integritas pemberantasan korupsi dengan Presiden RI terpilih 2014 Joko Widodo.
<>
Perwakilan tim hukum rumah transisi Ahmad Rifai mengatakan, Jokowi perlu diminta membuat pakta integritas sebagaimana dilakukan SBY terhadap menteri-menterinya.

“SBY sudah bagus menuntut menterinya untuk menandatangani pakta integritas. Langkah itu juga harus diikuti Jokowi,” kata Rifai dalam sebuah diskusi bertema "Kabinet Jokowi-JK dan Komitmen Pemberantasan Korupsi" di Novotel Solo, Ahad (7/9) siang.

Pakta integritas ini, Mustasyar PCNU Solo Prof Dr Hermanu Djoebagio menambahkan, harus dilanjutkan dengan ketegasan penindakan kejahatan korupsi itu sendiri.

“Pak SBY terlalu akomodatif sehingga ketika dia tahu ada menterinya yang korupsi, dia tidak langsung menindak tapi menyerahkannya ke KPK,” kata Hermanu, salah seorang guru besar Ilmu Sejarah di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Menurut Hermanu, ketegasan dalam pemberantasan kejahatan korupsi dapat menutup kemungkinan kerugian negara lebih lanjut. 

“Dengan tindak tegas dan berat, kerugian yang ditanggung negara tidak terlalu besar. Karena, begitu ada yang tidak beres langsung ditindak,” tandas Hermanu. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)

BNI Mobile