Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Mapaba Raya PMII UIN Bandung Satukan Rayon-rayon

Mapaba Raya PMII UIN Bandung Satukan Rayon-rayon

Bandung, NU Online
Dengan memanfaatkan momen tahun ajaran baru, Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Sunan Gunung Djari Bandung mengadakan Masa Penerimaan Mahasiswa Baru (Mapaba) di Cigendel, Sumedang, Jawa Barat. Berbeda dari biasanya, Mapaba Raya kali ini digelar bersama gabungan rayon-rayon PMII di kampus setempat.
<>
Menurut ketua pelaksana, Asep Zaelani, Mapaba Raya diselenggarakan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendaftar di stan yang disediakan oleh PMII.

"Selain menjaga semangat mahasiswa seusai mengikuti Ospek kampus, karena jika dibiarkan nantinya dikhawatirkan mahasiwa cenderung malas terhadap kegiatan-kegiatan organisasi," katanya.

Melalui Mapaba bertajuk “Transformasi Budaya PMII dalam membangun Pribadi yang Muttaqin” tersebut pengurus komisariat juga berniat mempersatukan rayon-rayon sebagai tingkatan organisasi di bawahnya.

"Menyatukan bukan berarti dalam wilayah lokalitasnya, tetapi dalam wilayah pemahaman pencetakan pribadi kader yang muttaqin," tambah Asep, mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah itu.

Tujuan lainnya, lanjut Asep, mempersatukan proses pendidikan antarrayon agar paham bahwa Mapaba harus mengacu pada prinsip ideal, multilevel strategi, dan AD/ART.

Aktivis PMII lulusan Pesantren Yaspida Sukabumi ini menilai bahwa selama ini Mapaba biasanya cenderung monoton, statis, hanya sekedar seremonial saja.

"Namun kalau bicara Mapaba Raya desain acara yang dilaksanakan akan cenderung ke pementoran. Kalau biasanya mentoring hanya sekali, namun untuk Mapaba Raya bisa sampai tiga kali setelah narasumber menyampaikan materi," terangnya.

Kelebihan Mapaba Raya,  disamping kekuatan massa lebih besar dan efektifitas kerja jadi lebih efektif serta memiliki semangat yang tinggi karena ada unsur misalnya gengsi antarrayon.

"Para peserta Mapaba Raya supaya cinta dan yakin terhadap PMII bahwa PMII akan memberikan sebuah motivasi, semangat baru dalam mencari ilmu," harap Asep kepada peserta.

Rencananya, Mapaba Raya akan dilaksanakan tanggal 13-14 September. Sementara itu, untuk menunjang tema, para peserta akan diberi sajian materi-materi seperti Islam Indonesia, analisis gender, nilai dasar pergerakan, keorganisasian PMII, dan lain-lain. (Muhammad Zidni Nafi'/Mahbib)


BNI Mobile